1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Kebersihan tingkatkan kesehatan, mampu cegah penyebaran penyakit DBD

“Pemerintah Kutim dibawah kepemimpinan Ismunandar dan Kasmidi Bulang, membuat gebrakan lomba kebersihan tingkat kecamatan,” kata Kasmidi.

Wabup Kasmidi Bulang ketika menyerahkan hadiah lomba kebersihan tingkat RT di kecamatan Sangatta Selatan, didampingi camat setempat Isnaini Trikorawati. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 20 November 2016 05:39

Merdeka.com, Kutai Timur - Lomba kebersihan tingkat Rukun Tetangga (RT) yang dilaksanakan kecamatan Sangatta Selatan beberapa waktu lalu, dinilai cukup baik. Sebab, kebersihan mampu meningkatkan kesehatan lingkungan masyarakat. Bahkan bisa mencegah menyebarnya penyakit demam berdarah dangue (DBD) di tengah masyarakat.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang, ketika menyerahkan hadiah lomba kebersihan lingkungan tingkat Kecamatan Sangatta Selatan pada Kamis (17/11) lalu. Kasmidi mengaku bangga dengan adanya lomba kebersihan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan RT di kecamatan Sangatta Selatan tersebut.

Dijelaskan, lingkungan yang bersih isnya allah dapat mewujudkan kawasan sehat dan terbebas dari kasus demam berdarah dangue (DBD). Dia mendengar baru-baru ini Sangatta masuk kawasan rawan demam beradarah, tentunya diperlukan antisipasi dan pencegahannya. Semuanya harus melibatkan masyarakat sehingga, tidak hanya mengandalkan pemerintah semata, lantaran pemerintah memiliki keterbatasan tenaga maupun anggaran.

Kasmidi yang merupakan putra Sangatta Selatan meminta kepada warga di daerahnya agar terus mencanangkan gerakan menguras, menimbun dan mengubur (3M) benda-benda rongsokan yang berpotensi menampung air. Rutin melakukan fogging serta pembagian abate di masing-masing pemukiman warga. Sehingga potensi dan bahaya demam berdarah dapat ditekan dengan baik.

“Ini baru langkah pemerintah Kutim di bawah kepemimpinan  Ismunandar dan Kasmidi Bulang, membuat gebrakan lomba kebersihan tingkat kecamatan. Dan, syukur kecamatan Sangatta Selatan juga menggelar lomba yang sama di tingkat RT, berkaitan memeriahkan HUT Kutim. Nanti ke depannya jika perlu lomba kebersihan tidak hanya dilombakan pada tingkat kecamatan saja, tetapi diusulkan sampai tingkat Kabupaten dan Provinsi,” terang Wabup.

Pada kesempatan itu, Kasmidi juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan kreativitas hingga berprestasi. Kemudian dia menceritakan, baru-baru ini, seorang pengemudi asal Kutim berhasil meraih penghargaan sebagai sopir teladan peringkat dua tingkat nasional. Capaian tersebut sudah selayaknya menjadi inspirasi bagi seluruh warga Kutim.

“Kita harapkan, lomba kebersihan bisa mengantarkan Kutim meraih Adipura ke depannya. Kepada seluruh Ketua RT, untuk terus mengajak masyarakat untuk membangkitkan semangat warganya melakukan gotong royong dan menjaga kebersihan lingkungannya. Kalau lingkungan bersih, selain enak dipandang juga  menjaga kesehatan masyarakat,” kata Kasmidi.

Camat Sangatta Selatan Isnaini Trikorawati mengatakan, lomba kebersihan tingkat RT ini sengaja digelar untuk memberikan semangat masyarakat. Dari lomba tersebut, oleh tim juri ditetapkan pemenangnya. Untuk penyerahan hadiah tersebut, Wabup Kasmidi Bulang didaulat untuk menyerahkannya, sehingga menambah semangat masyarakat menjaga kebersihan ke depannya.

“Meski hadiah yang disediakan nilainya tidak seberapa, namun ada perhatian kepada masyarakat. Yang penting bukan hadiahnya, namun menjaga kebersihan lingkungan dan semangat masyarakat untuk menjaga kesehatan,” kata Isnaini.

(AJ/AJ)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA