1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Canangkan Germas di empat kecamatan, bupati ajak warga jaga pola hidup sehat

“Dengan lima pola hidup sehat diharapkan kita tetap sehat dalam kehidupan keseharian,” kata Ismunandar.

Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kutim Hj Encek UR Firgasih foto bersama dengan anak-anak sekolah saat mencanangkan Gerimis (Gerakan Minum Susu) dan Germas di Teluk Pandan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 16 Desember 2017 16:45

Merdeka.com, Kutai Timur - Kepedulian Bupati Ismunandar terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat cukup tinggi. Hal ini dibuktikan, selama hampir sepekan keliling Kutim untuk mencanangkan Gerakan Hidup Sehat (Germas) di sejumlah daerah.

Paling tidak ada empat kecamatan, yakni Bengalon, Muara Wahau, Kongbeng dan Teluk Pandan secara bergiliran dilakukan pencanangan Germas oleh Bupati Ismunandar. Langkah ini dimaksudkan, mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat, demikian juga menjaga lingkungan agar tetap asri dan lestari.

Selain mencanangkan Germas, kegiatan di empat kecamatan itu juga sekaligus dilakukan pelantikan pengurus Klub Jantung Sehat yang dilakukan ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kutim Hj Encek UR Firgasih yang juga istri bupati sekaligus sebagai wakil ketua DPRD Kutim. Melalui pelantikan klub jantung sehat itu, masyarakat diajak untuk menjaga kesehatan termasuk kondisi kesehatan jantung dan menjauhi merokok.

Pada kesempatan itu, Bupati Ismunandar mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah ini, untuk menerapkan Gerakan Hidup Sehat (Germas). Sehingga kehidupan dalam keluarga tetap sehat, demikian di masyarakat dan pemerintahan.

“Marilah kita terapkan pola hidup sehat. Kita harus ‘Cerdik’ (cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktifitas fisik, diet sehat kalori seimbang, istirahat cukup dan kelola stress) dalam menjaga kesehatan. Dengan lima pola hidup sehat itu, diharapkan kita tetap sehat dalam kehidupan keseharian,” kata mantan Seskab Kutim ini.

Melalui Germas, diharapkan masyarakat bisa menjaga pola hidup sehat. Sehingga dalam kehidupan keluarga akan tetap sehat dan cerdas, serta rukun dan meningkat kesejahteraannya bersama keluarga.

Menurutnya, setelah mengikuti pola hidup sehat serta cerdik dalam manjaga kesehatan, dirinya telah merasakan sendiri manfaatnya. Hasilnya beberapa bulan, karena diet seimbang asam urat yang menjadi penyakit kambuhan Bupati sudah tak muncul lagi.

Ismu, panggilan akrab mantan Asisten Ekonomi Pembangunan Setkab Kutim ini menjelaskan, Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis, terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa. Dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Tujuan Germas mengajak masyarakat berperilaku sehat. Sehingga diharapkan berdampak pada terjaganya kesehatan. Jika sehat, produktivitas masyarakat insyaallah meningkat. Selanjutnya tercipta lingkungan yang bersih, serta beban masyarakat untuk merawat orang sakit juga berkurang,” jelas Ismu.




(AJ/AJ)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA