1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Meriahkan HKN ratusan masyarakat ikuti senam jantung dan launching Germas

“Tujuan Germas mengajak masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada terjaganya kesehatan,” kata Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar, Seskab Irawansyah dan unsur FKPD serta sejumlah pejabat melakukan launching Germas dengan mengajak masyarakat mengkonsumsi buah secara bersama-sama yang sudah dibagikan sebelumnya. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 13 November 2017 16:03

Merdeka.com, Kutai Timur - Suasana di halaman kantor Camat Sangatta Utara, Minggu (12/11) tampak berbeda dari biasanya. Ratusan warga masyarakat sejak pagi berkumpul mengikuti olahraga senam bersama.

Awalnya senam Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan dilanjutkan dengan senam jantung sehat yang dipandu dari pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kutai Timur. Kegiatan ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar tetap hidup sehat.

Kegiatan senam bersama itu merupakan serangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Sejumlah pejabat juga ikut senam bersama, seperti Sekretaris Kabupaten (Seskab) Irawansyah, Wakil Ketua DPRD Yulianus Palangiran, anggota dewan Agus Aras, Kapolres AKBP Rino Eko, Dandim 0909/Sangatta Kamil Bahren, dan sejumlah pejabat lainnya.

Selain itu, sejumlah kelompok organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ikatan Bidang Indonesia (IBI) dan sebagainya. Demikian juga sejumlah pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kutim dan kecamatan Sangatta Utara ikut memeriahkan senam bersama tersebut.

Yang lebih menarik, di akhir acara, peserta senam memperoleh hadiah doorprise yang disediakan panitia. Mulai dari sepeda, barang-barang elektronik dan sebagainya.

Bupati Kutim Ismunandar juga hadir pada acara yang dipadu dengan launching Germas di kecamatan Sangatta Utara dan pelantikan pengurus YJI kecamatan Sangatta Utara tersebut. Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kutim ini mengajak kepada masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat.

“Melalui Germas, kita harapkan masyarakat bisa menjaga pola hidup sehat. Sehingga dalam kehidupan keluarga akan tetap sehat dan cerdas serta rukun dan meningkat kesejahteraannya,” kata Ismunandar.

Peserta senam bersama tampak menikmati olahraga yang diiringi musik modern dance tersebut. Launching Germas ini merupakan satu rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional yang digelar serentak seluruh nusantara.

Bupati Kutim Ismunandar menjelaskan Germas suatu tindakan yang sistematis, terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Tujuan Germas mengajak masyarakat berperilaku sehat, sehingga diharapkan berdampak pada terjaganya kesehatan. Jika sehat, produktivitas masyarakat insyaallah meningkat. Selanjutnya tercipta lingkungan yang bersih, serta beban masyarakat untuk merawat orang sakit berkurang,” jelas Ismu.

(AJ/AJ)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA