1. KUTAI TIMUR
  2. PARIWISATA

Pemkab bentuk tim kampanye untuk menangkan gambar cadas di API 2017

“Kita harus serius gencar berpromosi salah satunya memasang iklan ataupun profil Goa Telapak Tangan di sejumlah bandara,” kata Mugeni.

Dinas Pariwisata Kutim membuat poster atau selebaran dibagikan kepada masyarakat, untuk ikut mendukung pemenangan kars Kutim menjadi pemenang di API 2017 ini. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 08 Juni 2017 12:53

Merdeka.com, Kutai Timur - Pemkab Kutim bekerjasama dengan berbagai pihak langsung bergerak cepat, setelah melihat gambar cadas masuk nominasi terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia. Bahkan Bupati Ismunandar meminta semua pihak langsung melakukan vote melalui sms atau situs yang sudah ditetapkan panitia.

Langkah nyata lainnya adalah, Pemkab Kutim yang diwakili Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Mugeni langsung menggelar rapat pemantapan guna pemenangan tersebut. Rapat yang berlangsung di ruang Arau kantor bupati Rabu (7/6) kemarin itu, dihadiri berbagai elemen masyarakat.

Pada rapat itu hadir juga Kepala Dinas Pariwisata Dwi Susilanto Gamawan, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kutim Rustam Effendi Lubis, perwakilan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan perusahaan kontraktor perusahaan tambang batubara lainnya.

Pada kesempatan itu, Mugeni meminta kepada jajaran Dinas Pariwisata dan BPBD bekerjasama untuk memenangkan hal ini. Sehingga semuanya berjalan lancar dalam melakukan kampanye memenangkan karst Kutai Timur dan nantinya menjadi kawasan pariwisata yang bisa diandalkan ke depan.

“Kita harus serius gencar berpromosi salah satunya memasang iklan ataupun profil Goa Telapak Tangan Kutim di Bandara Balikpapan (Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan). Ataupun jika bisa sekaligus pasang di Terminal Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng di Tangerang. Ide lain manfaatkan tenaga asing di Kutim banyak pekerja dari Australia bisa mengirimkan SMS,” tegasnya.

Mantan Kadis Sosial ini mengatakan, di lingkup Pemkab Kutim ada 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga seluruh pegawai, baik PNS maupun TK2D (Tenaga Kerja Kontrak Daerah) diminta untuk  mendukung mengirimkan dengan SMS. Sebab, dengan jumlah pegawai dan TK2D yang mencapai belasan ribu, sangat membantu sekali dalam program pemenangan rock karst di ajang API 2017 tersebut.

“Kepala OPD wajib menginstruksikan seluruh jajarannya baik PNS maupun TK2D mengirimkan SMS demi terwujudnya kemenangan untuk Kutim,” tambahnya.

Ketua BPBD Kutim Rustam Lubis mengatakan  target sepenuhnya memenangkan Kutim dalam ajang API. Ini menjadi motivasi BPBD dibantu dengan Dinas Pariwisata mengenalkan pariwisata Kutim bisa dilihat dunia internasional maupun nasional.

Lubis menambahkan dengan adanya tim panitia pemenangan ini nantinya akan masuk ke sekolah-sekolah hingga desa-desa. Dalam hal ini BPBD juga sudah berkordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Syafrudin Pernyata membantu lewat 2.000 suara lewat jajaran staffnya. Ada juga suara dari Mahasiswa Kutim yang sedang kuliah di Yogyakarta dan Malang turut membantu polling untuk Goa Telapak Tangan.

Seperti diketahui, goa telapak tangan yang berada di gunung Gergaji kawasan pegunungan karst Sangkulirang memiliki potensi terpendam dan mempunyai keunikan karena menjadi satu-satunya kekayaan alam di Benua Etam. Goa Telapak Tangan Kutim bersaing ketat menjadi yang terbaik bersama dengan Istana Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak, Situs Muarajambi di Jambi, Museum Joang ’45 di Jakarta. Petilasan Kraton Pajang di Solo, Pulau Sumsum di Pulau Morotai, Rumah Betang Tumbang Gagu di Kotawaringin Timur, Situs Gunung Padang di Cianjur, dan Tapurarang di Fak-Fak.

Nah, sepuluh nominasi ini ditentukan lewat polling suara yang dikirimkan melalui Short Messages Services (SMS) dengan ketik API (spasi) 3A dikirimkan ke 99386 melalui handphone atau smartphone. Berlaku mulai 1 Juni dan ditutup pada 31 Oktober 2017 mendatang.





(AJ/AJ)
  1. Zona Turis
  2. Wisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA
TERPOPULER
ZONA TURIS