1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Bupati Ismunandar beri bantuan genset pada warga Desa Sangkima

Genset ini untuk memenuhi kebutuhan listrik warga di Desa Sangkima.

©2016 Merdeka.com Reporter : Muhammad Hasits | Minggu, 31 Juli 2016 07:31

Merdeka.com, Kutai Timur - Kebutuhan listrik bagi warga Kabupaten Kutai Timur (Kutim) secara umum belum terpenuhi secara maksimal. Karena itu Pemkab Kutim secara bertahap melalui berbagai program terus membenahi kendala tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik, Bupati Kutai Timur Ismunandar telah menyerahkan bantuan genset kepada warga di Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan. Genset sebagai solusi sementara untuk kebutuhan listrik dan penerangan.

Genset yang diserahkan berkekuatan 25 Kva atau setara dengan 25.000 watt tersebut rencananya akan ditempatkan di RT 08 Dusun Makmur Jaya, Desa Sangkima, Sangatta Selatan. Sesuai permintaan warga beberapa waktu lalu saat kunjungan kerja Wabup ke wilayah Sangatta Selatan.

Bupati Ismunandar kepada masyarakat mengatakan bantuan pinjam pakai genset kali ini merupakan satu bentuk perhatian pemerintah kepada warganya. "Dulu mungkin kami (Ismu-KB sebelum terpilih) belum bisa maksimal membantu masyarakat. Tetapi kini (setelah menjadi Bupati dan Wabup) walaupun perlahan, pemerintah akan terus memperhatikan dan meningkatkan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat," kata Bupati Ismunandar, Selasa (26/4).

Bupati berharap, secara bertahap semua kebutuhan dasar bagi masyarakat, khususnya listrik dan air bersih bisa dipenuhi oleh pemerintah. Pada kesempatan sebelumnya Wabup Kasmidi Bulang saat penyerahan simbolis di Distanben mengatakan, bantuan genset tersebut merupakan bentuk respons cepat Pemkab Kutim dalam memenuhi kebutuhan warga. Sebagai wujud pelayanan prioritas untuk masyarakat.

“Pemkab Kutim tidak ingin masalah (listrik) berlarut lama. Jika ada penyelesaian kita langsung eksekusi walau bersifat sementara sambil menuggu solusi tepat untuk kelistrikan. Seperti pemasangan jaringan dari PLN maupun dari perusahaan yang bersedia berkontribusi,” ujar Kasmidi.

Mantan Ketua DPD KNPI Kutim ini meminta agar warga dapat menjaga bantuan yang diberikan. Sehingga muncul rasa memiliki dan timbul keinginan untuk saling menjaga. Wabup menegaskan bahwa Pemkab Kutim juga akan berusaha memberikan respon yang sama, apabila ada daerah lain di Kutim mengalami kesulitan serupa.

“Solarnya dari warga sendiri, agar ada rasa memilik terhadap mesin itu, kami harap warga dapat menjaga dan merawatnya. Kemudian Pemkab Kutim juga terus bertindak melalui komunikasi intensif dengan Dinas terkait, PLN dan perusahaan untuk langkah kedepan dalam hal pemenuhan listrik dibeberapa wilayah lainnya,” kata Wabup.

Sekadar diketahui, genset yang diserahkan sebelumnya merupakan aset pengadaan tahun 2013 Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben). Berkat komunikasi dan koordinasi maka mesin tersebut dapat dipinjam pakaikan kepada warga yang membutuhkan.

Serah terima bantuan pinjam pakai genset dilakukan di Desa Sangkima, disaksikan Bupati Kutim Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang, warga Desa Sangkima, pejabat lingkup Pemkab Kutim dan undangan lainnya. Selain prosesi serah terima, kegiatan hari itu juga dirangkai dengan acara syukuran bersama masyarakat setempat.

(MH/MH)
  1. Bantuan Pemerintah
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA