1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Bupati Ismunandar ajak masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat

“Menjaga kesehatan harus dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya,” kata Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar menyerahkan peralatan untuk menjaga kesehatan kepada Camat Sangatta Selatan Hasdiah saat pencanangan Germas. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 07 Desember 2017 12:47

Merdeka.com, Kutai Timur - Bupati Kutim H Ismunandar mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah ini, untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Antara lain menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, sehingga kesehatan keluarga juga ikut terjaga dengan baik.

“Menjaga kesehatan harus dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Kita semua harus bisa menjaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga seperti senam, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, kebersihan rumah dan pekarangan,” ujar Ismunandar.

Hal itu dikatakan Ismu, ketika mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di kecamatan Sangatta Selatan belum lama ini. Kegiatan tersebut sekaligus pelantikan pengurus Klub Jantung Sehat setepat.

Acara itu juga dirangkai dengan senam Jantung Indonesia secara bersama. Orang nomor satu di Kutim ikut berbaur dengan masyarakat senam bersama.

Ismunandar meminta kepada pengurus TP PKK baik di kabupaten, kecamatan sampai desa serta pemuka masyarakat, tokoh agama dan pemuda untuk bekerjasama dan menggiatkan Germas ini. Dikatakan, seluruh elemen masyarakat diharapkan berperilaku hidup sehat dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar serta tentu harus rutin berolahraga dan memeriksa kesehatan secara berkala. Sebab, kesehatan adalah hal yang paling berharga di kehidupan ini.

Camat Sangatta Selatan Hasdiah mengatakan dengan dicanangkannya Germas ini, masyarakat bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Tentunya pola hidup bersih dan sehat harus diterapkan dengan baik di setiap rumah dan keluarga.

”Benar apa kata petuah bijak, lebih baik menjaga dari pada mengobati. Sebab, orang sakit butuh anggaran besar baik yang dikeluarkan oleh keluarganya maupun oleh pemerintah,” kata Hasdiah.

Pihaknya mengajak kepada masyarakat di wilayahnya agar mau melakukan aktivitas pencegahan. Antara lain aktivitas fisik seperti jalan kaki, olahraga bisa dilakukan rutun sesuai dengan kekuatan sendiri.

Hasdiah juga menyarankan agar para ibu juga memberi asupan ASI Ekslusif, kepada bayi mereka agar terhindar dari makanan instan. Kemudian mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Selain itu, melakukan pengecekan kesehatan secara rutin minimal mengukur tensi tiap sepekan  sekali, tidak merokok, dan menggunakan jamban sehat.


(AJ/AJ)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA