1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Prajurit TNI AD dan AL serta Polri ikut donor dara sambut HUT TNI ke-72

”Selain bisa membantu sesama, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor,” kata Setyo.

Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo dan istri saat diperiksa kesehatan dan selanjutnya ikut donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI di Makolanal Sangatta. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 03 September 2017 09:57

Merdeka.com, Kutai Timur - Untuk meringankan beban sesama dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 TNI tahun 2017 ini, jajaran prajurit TNI dan Polri di Kutim, mengikuti bakti sosial melakukan donor darah. Kegiatan yang dipusatkan di Mako Lanal ini, berlangsung lancar dan tertib.

Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo dan istri serta Danlanal Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta ini, juga diikuti jajaran Polres Kutim. Setidaknya 50 prajurit ikut menyumbangkan darahnya untuk didonorkan dan sejumlah prajurit TNi AL juga ikut mendonorkan darahnya.

Sebelum kegiatan donor darah, peserta donor mengisi angket dan melakukan pengecekan tensi oleh petugas kesehatan Kodim 0909/Sangatta. Pengecekan tensi ini digunakan untuk mengetahui tinggi rendahnya tensi peserta donor dan untuk mengetahui layak tidaknya darah untuk didonorkan.

Menurut Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo, kegiatan ini diselenggarakan menyongsong HUT ke 72 tahun 2017 dan sebagai bentuk kepedulian TNI dalam mendukung program kemanusiaan. Dijelaskan, darah yang terkumpul dari kegiatan ini nantinya akan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kutim untuk disimpan kemudian akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

”Selain bisa membantu sesama, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Karena melalui donor darah, sel-sel darah dalam tubuh akan terbaharui sehingga sirkulasinya akan lebih lancar,” jelas Dandim.

Ia berharap, kepada para pendonor yang dengan sukarela dan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya mudah-mudahan mendapatkan berkah dan pahala dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Dandim 0909/Sangatta juga sangat mengapresiasi seluruh peserta donor darah, baik TNI AD, TNI AL maupun Polres Kutim yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan donor darah dalam bisa bermanfaat bagi kemanusiaan.

Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat yang membutuhkan, selain itu juga membantu Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memenuhi stok darah yang digunakan sesuai dengan kebutuhan warga masyarakat di wilayah Sangatta dan sekitarnya.

“Donor darah sangat baik juga kesehatan, yakni berfungsi untuk memburai sel-sel darah sehingga antara pendonor dan yang mendapatkan sama-sama bermanfaat,” ujar Setyo.

Kegiatan donor darah ini, selain diikuti prajurit TNI dan Polri, juga ada perwakilan dari Pemkab Kutim dan sebagaian tokoh masyarakat lainnya.

 

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA