1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Gotong royong untuk ciptakan lingkung asri, bersih dan sehat

“Jika dilihat sekilas, gotong royong tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana,” kata Mulyono.

Warga Desa Makmur kecamatan Rantau Pulung ini tampak kompak melakukan gotong royong agar kampung bersih dan asri. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 02 September 2017 11:06

Merdeka.com, Kutai Timur - Kehidupan dan kerukunan masyarakat di kampung masih terasa kental sekali. Salah satunya ditunjukkan warga desa Rantau Makmur, kecamatan Rantau Pulung, kabupaten Kutai Timur.

Warga setempat melakukan kegiatan gotong royong sepekan sekali, untuk menciptakan kerukunan, lingkungan asri, bersih dan hidup sehat. Bahkan sebelum melakukan kegiatan gotong royong, digelar senam bersama agar lebih sehat.

Saat melakukan kegiatan gotong royong, Camat Rantau Pulung Mulyono juga menyempatkan hadir untuk memberikan motivasi kepada warganya. Dia bersama Kepala Desa Rantau Makmur Nurhayani bersama aparatur pemerintah desa, Ketua RT, TP PKK Desa Rantau Makmur dan puluhan masyarakat desa berbaur menjadi satu.

Camat Rantau Pulung Mulyono mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas partisipasinya yang proaktif pada kegiatan tersebut. Gotong royong kali ini menurutnya menunjukkan kebersamaan dan persatuan yang harus selalu terjaga dengan baik. Kegiatan ini juga menunjukkan rasa kebersamaan sesama warga desa yang bertujuan untuk kepentingan bersama.

“Jika dilihat sekilas, gotong royong tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaan tersebut, gotong royong menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat,” kata Mulyono.

Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain terciptanya kebersamaan, persatuan, rela berkorban, tolong menolong dan terciptanya silaturahmi yang baik antar masyarakat.

Kepala Desa Rantau Makmur Nurhayani menambahkan, gotong royong adalah warisan leluhur mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa serta dimanfaatkan bersama.

“Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong sekaligus melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Bertujuan untuk menumbuhkan dan menggerakkan kembali kesadaran warga akan pentingnya penataan lingkungan yang bersih dan sehat. Karena dengan lingkungan yang tertata dengan baik, bersih dan sehat akan menumbuhkan pemikiran yang jernih dan positif bagi warga,” jelas Nurhayati.

Dia menambahkan, selain gotong royong, warga juga rutin melaksanakan senam bersama setiap hari minggu di depan halaman kantor Desa Rantau Makmur, guna meningkatkan kebugaran dan kesehatan. Nurhayani berharap kegiatan ini bisa selalu terjaga dengan baik. Demi kemajuan desa dan rasa kebersamaan antara sesama masyarakat desa Rantau Makmur.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA