1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Danlanal Sangatta Mulyan Budiarta pimpin upacara hari pahlawan di Kutim

Pelaksanaan apel diawali dengan menaikkan bendera merah putih yang dilakukan tiga orang eks Paskibraka Kutim.

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta (berdiri baju putih-putih) membacakan sambutan tertulis Mensos Kofifah Indarparawansa pada peringatan hari Pahlawan ke-72 di Kutim. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 11 November 2017 09:35

Merdeka.com, Kutai Timur - Jumat (10/11) lalu, menjadi momentum tersendiri bagi masyarakat Kutai Timur. Kegiatan itu diisi dengan apel upacara bendera memperingati Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017, yang dipimpin Komandan Lanal (Danlanal)  Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta.

Hadir pada apel upacara yang  berlangsung sederhana itu, Bupati Kutim Ismunandar, Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Kamil Bahrin, Kapolres Kutim AKBP Rino Eko, Kajari Kutim Mulyadi, Wakil Ketua DPRD Kutim Yulianus Palangiran dan sejumlah pejabat Kutim lainnya serta sejumlah perwira TNI dan Polri.

Pelaksanaan apel diawali dengan menaikkan bendera merah putih yang dilakukan tiga orang eks Paskibraka Kutim. Dengan langkah tegap ketika membawa bendera menuju tiang yang sudah berdiri tegak di tengah lapangan, pengibaran bendera diiringi dengan laku Indonesia Raya dan penghormatan oleh seluruh peserta upacara.

Pada kesempatan itu, Danlanal Mulyan Budiarta membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa. Mensos mengatakan, bahwa tiap zaman memiliki tantangan tersendiri. Karena itu, tiap zaman harus mengembangkan kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya. Yaitu bukan hanya mempertahankan, tetapi juga memperbaiki untuk keluar dari persoalan bangsa hari ini.

"Tidak cukup dengan patriotisme defensif, butuh patriotisme lebih positif progresif dengan menghadirkan kemandirian, mandiri ekonomi, berkedaulatan dalam bidang politik dan berkepribadian dalam budaya berlandaskan gotong royong dengan tanpa terperosok pada sikap anti asing," katanya.

Di tengah lapangan ada barisan yang terdiri personel TNI-Polri, PNS dan TK2D, serta organisasi kemasyarakatan lainnya. Pada upacara yang dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan ini dibacakan pula pesan-pesan heroik dari pahlawan nasional oleh Kadis Sosial Kutim Jamiatul.

Kemudian pembacaan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh personel Satpol PP Kutim. Usai pelaksanaan apel, Bupati Kutim Ismunandar dan unsure FKPD serta sejumlah pejabat melakukan silaturahim bersama di ruang tempudau bersama sejumlah veteran yang ikut apel upacara.


(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA