1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Sangatta Utara raih juara umum HKG PKK se-Kutai Timur

“Seperti inilah yang perlu terus digelorakan dalam pengabdian kita selaku unsur tim penggerak PKK," kata Erni.

Ketua PKK Kutim Hj Encek UR Firgasih dan Wakil ketua PKK Ny Tirah Satriani menyerahkan tropi piala bergilir kepada ketua PKK Kecamatan Sangatta Utara yang meraih juara umum HKG. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 19 Mei 2017 08:58

Merdeka.com, Kutai Timur - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kecamatan Sangatta Utara, patut dicontoh. Sebab, organisasi ini mampu menjadi yang terbaik dan mengumpulkan banyak gelar juara, ketika digelar berbagai lomba memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45. Sehingga Sangatta Utara dinobatkan sebagai juara umum.

Beberapa lomba yang digelar tersebut antara lain, lomba pidato, lomba penyuluhan lansia, lomba penyuluhan bina keluarga balita (BKB). Lomba administrasi usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), pameran UP2K, lomba busana santai khas daerah dan lomba PKK idol.

Raihan gelar juara umum itu, diketahui ketika diumukan tim mana saja yang meraih gelar juara pada acara puncak peringatan HKG PKK sekaligus pencanangan Bulang Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 15 tingkat Kabupaten. Kegiatan itu dipusatkan di halaman Kantor Camat Sangatta Utara, Rabu (17/5) lalu.

Penyerahan tropi dan dana pembinaan diserahkan Ketua TP PKK Kutim Encek UR Firgasih kepada Ketua TP PKK Sangatta Utara Siti Maskanah. Disaksikan Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang dan undangan yang hadir. Peringatan HKG PKK ke-45 ini mengusung tema “Dengan HKG PKK ke-45 tahun 2017 Kita Lakukan Akselarasi Program-Program PKK untuk mewujudkan Visi dan Misi Gerakan PKK”.

Pada kesempatan itu Ketua Umum TP PKK Pusat Erni Guntarti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kutim Encek UR Firgasih menyampaikan bahwa gerakan PKK telah berkiprah di bumi pertiwi selama 45 tahun. Jika diibaratkan seorang manusia, maka usia 45 tahun adalah masuk pada usia produktif. Dengan kategori produktif, bersemangat dan penuh energy.

“Seperti inilah yang perlu terus digelorakan dalam pengabdian kita selaku unsur tim penggerak PKK. Hidup dan jayalah PKK, sekali lagi hidup dan jayalah PKK,” kata Erni.

Lebih lanjut dijelaskan, dari 10 program pokok PKK, ada program prioritas dan unggulan. Tidak menutup kemungkinan juga ada program spesifikasi daerah, sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah. Untuk satu hal ini, dia mendorong setiap daerah agar senantiasa berinovasi mengembangkan kreatifitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah.

“Tumbuhkan ide-ide inovatif seraya kembangkan jalinan kerjasama dengan mitra kerja PKK. Dalam rangka pengembangan akselerasi program-program PKK. Pada setiap memperingati HKG PKK seperti ini, hendaknya juga dapat  kita jadikan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi. Yakni mengevaluasi terhadap hal-hal apa saja yang telah dilakukan oleh TP PKK selama setahun ini,” ucapnya.

Adapun hasil dari  perolehan lomba-lomba yang diikuti oleh seluruh TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Kutim, berurutan juara 1, 2 dan 3. Lomba pidato, Desa Long Tesak-Kecamatan Muara Ancalon, Desa Kandolo-Kecamatan Teluk Pandan, Desa Mawai Indah-Kecamatan Batu Ampar. Juara harapan 1, 2 dan 3 berurutan. Desa Teluk Sangkima-Sangatta Selatan, Desa Citra Manunggal Jaya-Kaliorang, Desa Benua Baru-Muara Bengkal. Lomba penyuluhan tentang lansia produktif dan menyenangkan, Kecamatan Kaliorang, Sangatta Utara, Muara Wahau. Juara harapan 1, 2 dan 3 yakni Sangatta Selatan, Rantau Pulung dan Kongbeng. Lomba BKB, Sangatta Utara, Telen, Muara Wahau. Juara harapan 1, 2 dan 3 yaitu Kaubun, Muara Ancalong serta Batu Ampar. Lomba UP2K, Kecamatan Bengalon, Sangatta Selatan, Long Mesangat. Juara harapan 1, 2 dan 3, Batu Ampar, Teluk Pandan, Busang.

Berikutnya juara 1, 2 dan 3 lomba peragaan busana kas daerah, Kecamatan Rantau Pulung, Sangatta Utara, Kaubun. Juara harapan 1, 2 dan 3, Kongbeng, Bengalon, Karangan. PKK Idol, Sangatta Selatan, Sangatta Utara, Rantau Pulung, juara favorit Muara Wahau. Dari hasil perolehan juara,  maka juara umum untuk HKG PKK ke 45 di Kabupaten Kutim diraih Kecamatan Sangata Utara, di posisi kedua Sangata Selatan, disusul Batu Ampar dan Muara Ancalong, Bengalon serta Kaubun.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA