1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Pendidikan usia dini dinilai penting dan harus dituntaskan setahun

“Jika pendidikan usia dini baik, diharapkan ke depan anak-anak kita juga menjadi baik,” kata Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar memukul gong ketika membuka sosialisasi PAUD harus tuntas setahun didampingi Bunda PAUD Hj Encek UR Firgasih dan Wakil Ketua DPRD Yulianus Palangiran. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 19 Oktober 2017 05:36

Merdeka.com, Kutai Timur - Bupati Kutim Ismunandar meminta kepada para Camat se-Kutim agar memperhatikan keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerahnya masing-masing. Sebab, pendidikan usia dini ini sangat penting, lantaran sebagai pondasi pendidikan sejak dini.

Pernyataan itu disampaikan orang nomor satu di Kutim tersebut, ketika membuka sosialisasi penuntasan ikut PAUD satu tahun ajaran pra Sekolah Dasar (SD), Rabu (18/10) kemarin di ruang Meranti, kantor bupati kawasan Bukit Pelangi. Kegiatan ini digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kutim).

“Pendidikan usia harus dituntaskan selama setahun, jangan sampai tertinggal atau justru keluar dari sekolah. Jika pendidikan usia dini baik, diharapkan ke depan anak-anak kita juga menjadi baik,” kata Ismunandar.

Mantan Seskab Kutim ini meminta kepada seluruh camat se-Kutim, untuk memperhatikan keberadaan PAUD di wilayahnya masing-masing.  Ismu, panggilan akrab mantan Kadis PU ini, meminta kepada Dinas Pendidikan untuk memperhatikan keberadaan PAUD.

“Seluruh camat saya minta ikut mensosialisasikan wajib belajar malam, mulai pukul 19.00 hingga pukul 21.00 Wita. Jika ini kita terapkan setiap hari, anak-anak kita akan serius belajar dan diharapkan memiliki prestasi serta tidak bergaul secara bebas,” kata Ismu.

Ismu berharap, guru-guru PAUD yang mengikuti sosialisasi tersebut, dapat mengikuti kegiatan itu secara serius sera dapat memahaminya. Dia mengibaratkan, guru ibaratnya seperti Koki yang mengolah sebuah adonan. Begitu pula dengan anak-anak yang dididik, akan menjadi seperti yang diajarkan.

Ismunandar  meminta Dinas Pendidikan Kutim, agar dapat memperhatikan, honor guru-guru PAUD supaya tidak terlambat. Dia berharap pada tahun 2018 nanti, honor guru-guru PAUD dapat lebih lancar .

Kegiatan tersebut turut dihadiri Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, (Kemendikbud) R Ella Yulaelawati. Kemudian ada Bunda PAUD Kutim yang juga sebagai istri bupati Hj Encek UR Firgasih, Asisten Pemkesra Kutim Mugeni, Kepala Dinas Pendidikan Kutim Akhmadi Baharuddin, Para Camat se-Kutai Timur dan undangan. Kemudian para camat melakukan penandatanganan Komitmen Penuntasan Pendidikan Anak Usia Dini minimal satu tahun Pra Sekolah Dasar.

(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA