1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Kerjabakti libatkan masyarakat untuk ciptakan lingkungan sehat

“Sebenarnya kegiatan dilaksanakan untuk memperingati hari lingkungan hidup serta hari anak nasional,” kata Rusnaini.

Kaum hawa warga di jalan Margo Santoso, Sangatta Utara, Kutai Timur ini melakukan kerjabakti dengan melibatkan anak-anak untuk menddik agar hidup sehat. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 30 Agustus 2017 17:17

Merdeka.com, Kutai Timur - Kegiatan gotong royong atau kerja bakti dengan melibatkan banyak pihak, menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Hal ini juga diterapkan masyarakat di jalan Margo Santoso II, Gang 7 RT 18, Sangatta Utara, Kutai Timur.

Dikomandoi ibu-ibu dari Dasawisma Cempaka TP PKK Sangatta Utara, warga setempat melaksanakan kerja bakti membenahi dan membersihkan lingkungan. Merapikan pepohonan yang mulai terlalu rimbun, mengumpulkan sampah hingga membersihkan drainase.

Lingkungan juga semakin asri karena dibawah koordinasi Rusnaini selaku Ketua Dasawisma Cempaka, masyarakat diajak menanam tanaman obat-obatan, sayuran dan bunga di halaman pekarangan tempat tinggal masing-masing.

Serta menghijaukan kanan kiri jalan disepanjang Gang 7. Tak hanya orang dewasa, bahkan kerja bakti yang dilaksanakan pada hari libur tersebut turut diramaikan dengan keterlibatan anak-anak. Mereka dengan semangat membantu memindahkan sampah dan dahan-dahan pohon yang berserakan. Kegiatan yang dilaksanakan dengan rasa kekeluargaan yang tinggi tersebut dimulai dengan pembacaan doa dan sarapan bersama.

“Sebenarnya kegiatan dilaksanakan untuk memperingati hari lingkungan hidup serta hari anak nasional. Tetapi tujuan yang paling penting adalah mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Dengan menanam berbagai tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan,” sebut Rusnaini.

Dia dan masyarakat setempat berharap kerja bakti dapat terus menjadi budaya dan dilaksanakan secara rutin demi melestarikan lingkungan. Sehingga kedepan selain masyarakat menciptakan lingkungan yang bersih, warga juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari tanaman obat keluarga (toga) serta udara yang segar.

(AJ/AJ)
  1. Lingkungan Hidup
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA