1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Masyarakat diajak hijaukan di kawasan Polder Ilham Maulana

“Ini merupakan salah satu langkah mengisi sekaligus memajukan pembangunan di kabupaten secara bersama-sama melalui sentuhan alam,” kata Kamsidi.

Ketua KNPI Kutim Munir Perdana menyerahkan bibit kepada Wabup Kasmidi Bulang untuk ditanam di Polder jalan Ilham Maulana disaksikan ketua DPRD Mahyunadi. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 04 November 2017 20:20

Merdeka.com, Kutai Timur - Untuk mengantisipasi dampak kerusakan lingkungan sekaligus melestarikan alam sekitar, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Timur (Kutim) bersinergi dengan Pemkab Kutim, DPRD Kutim, Kodim 0909 Sangatta, Lanal Sangatta melakukan aksi tanam pohon bersama. Aksi penghijauan tersebut dipusatkan di kawasan Polder Sangatta, Jalan Ilham Maulana, Sangatta Utara, Jumat (3/11) pagi.

Kegiatan diawali dengan penyerahan bibit pohon oleh Ketua DPD KNPI Kutim Munir Perdana kepada Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM. Berlanjut ke Ketua DPRD Kutim H Mahyunadi SE, Kasdim 0909 Sangatta Mayor Inf Syawaluddin serta perwakilan Lanal Sangatta.

Wabup Kasmidi Bulang mengaku sangat merespon positif dan antusias melihat kepedulian rekan-rekan KNPI terhadap penghijauan lingkungan. Melalui penanaman pohon diharapkan kawasan resapan air di Kutim semakin terbentang luas. Sehingga bisa membantu mencegah terjadinya banjir dan longsor.

Wabup berharap gerakan penanaman pohon dapat ditingkatkan dan diikuti oleh organisasi kepemudaan lainnya. Dengan menanam pohon di Kabupaten ini, artinya masyarakat sudah memberikan andil, sumbangsih dan partisipasi terhadap keberlangsungan ekosistem alam di daerah.

“Ini merupakan salah satu langkah mengisi sekaligus memajukan pembangunan di kabupaten secara bersama-sama melalui sentuhan alam,” kata Kamsidi.

Ketua DPRD Kutim H Mahyunadi turut bangga atas kepedulian dari pemuda di KNPI, yang memerhatikan lingkungan. Dia mengajak seluruh pemuda termasuk masyarakat untuk berperan aktif melestarikan lingkungan sekitar melalui penanaman pohon.

“Jadikan kabupaten kita semakin asri, melalui penghijauan lingkungan yang bersih dan sehat berbasis pada program Clean, Green and Healthy (CGH),” kata Mahyunadi seraya mengajak seluruh undangan ikut mensosialisasikan secara bersama-sama aksi pelestarian lingkungan.

Politisi Partai berlambang pohon beringin ini meminta agar kepedulian penghijauan lingkungan didukung semua pihak. Terlebih perusahaan pertambangan batu bara, khususnya selaku stake holder (mitra kerja pemerintah). Sebab menurut dia, sudah selayaknyalah aktivitas pertambangan batu bara dibarengi dengan melestarikan lingkungan. Sehingga dapat mengesampingkan kesan gersang dan menjadikan alam di Kutim lebih bersahabat.

Sebelumnya Ketua DPD KNPI Kutim Munir Perdana menegaskan melalui aksi penanaman lingkungan, pihaknya berkomitmen turut mewujudkan Sangatta dan Kabupaten Kutim khususnya kembali asri.

“Melalui penanaman (pohon) dapat memberikan nilai tambah terhadap pesona keindahan di kabupaten yang kita cintai. Saya mengajak rekan-rekan pemuda bersama pemerintah, DPRD Kutim, TNI-Polri untuk menyayangi alam semesta dengan segenap satwa melalui aksi penanaman pohon,” tegas Munir.


(AJ/AJ)
  1. Lingkungan Hidup
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA