1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Kampung percontohan untuk memberikan kenyamanan penghuninya

“Kita harapkan kecamatan lain bisa melakukan studi tiru untuk mencontoh penataan kawasan dan pemukiman,” kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar didampingi Wabup Kasmidi Bulang menggunting pita sebagai tanda peresmian kampung percontohan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 07 Desember 2017 15:15

Merdeka.com, Kutai Timur - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) terus melakukan motivasi kepada masyarakat, agar lingkungan sekitarnya dibenahi dan menjadi asri serta tertata dengan baik. Jika suasana kampung terlihat asri, kesehatan juga terjamin.

Hal itu diungkapkan Bupati Kutim Ismunandar ketika meresmikan kampung percontohan di RT 09 jalan Antasari, Sangatta Utara belum lama ini. Hal yang sama juga dilakukan jalan Santai RT 01 jalan Margo Rukun RT 02 kecamatan Sangatta Selatan.

Dikatakan, penataan kawasan dan pemukiman ini untuk memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Masyarakat yang bermukim akan melakukan interaksi sosial dengan baik, serta menjaga ketertiban dan keamanan bersama.

Peresmian kampung percontohan ini merupakan salah satu icon penataan pemukiman di Kutim. Meski Baru tiga lokasi, diharapkan memberikan motivasi bagi masyarakat yang lain, untuk menata pemukimannya agar lebih tertata dan terlihat asri.

“Kita akan terus melakukan penataan kawasan dan pemukiman seperti ini, bagi warga pedesaan dan perkotaan. Dengan penataan seperti ini, Kutim akan lebih tertata dan asri di masa mendatang,” kata Ismunandar.

Kampung percontohan itu merupakan program kerjasama antara Pemkab Kutim dengan pihak stakeholder melalui Forum Corporate Social Responsibility (CSR) di daerah ini.

“Sebagai langkah awal, dua Kecamatan yang menjadi pilot projek program kampung percontohan. Kita harapkan kecamatan lain bisa melakukan studi tiru ke sini (Sangatta Utara dan Selatan) untuk mencontoh penataan kawasan dan pemukiman,” kata Ismunandar.

Pihaknya ingin, program Penataan Kawasan Dan Lingkungan Pemukiman, terus berlanjut di setiap kecamatan. Sehingga nantinya ada kampung percontohan di setiap kecamatan di seluruh KUTIM.

Dikatakan Ismunandar, masyarakat bisa mencontoh, terkait bagaimana penataan kawasan dan lingkungan di pemukiman masing-masing. Mulai dari bagaimana membangun dan mengelola bank sampah hingga menjaga keasrian serta kebersihan lingkungan.

(AJ/AJ)
  1. Lingkungan Hidup
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA