1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Jambore kader kesehatan, upaya meningkatkan kualitas SDM

“Pembinaan, Pengembangan Posyandu, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Desa Siaga perlu mendapatkan perhatian serius,” jelas Bahrani.

Ketua TP PKK Kutim Hj Encek UR Firgasih yang juga wakil ketua DPRD Kutim ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan jambore kader kesehatan. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 03 Juni 2017 08:57

Merdeka.com, Kutai Timur - Pemerintah Kutai Timur melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan pola menggelar jambore bagi kader kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan dr Bahrani, kegiatan jambore kader kesehatan ini diharapkan meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan kader dalam penyelengaraan kesehatan. Bersumber daya masyarakat, serta menumbuhkan komitmen kader kesehatan dalam mendukung penuh program Pemerintah Daerah (Pemda).

“Pembinaan, Pengembangan Posyandu, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Desa Siaga dan segala bentuk upaya kesehatan bersumber daya manusia perlu mendapatkan perhatian serius,” jelas Bahrani.  

Acara pembukaan jambore kader kesehatan itu, dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kutim Hj Encek UR Firgasih belum lama ini di halaman hotel Q, Sangatta Utara. Kegiatan itu mengusung tema ‘Kader Sajuta’ (sabar, jujur dan tawakkal). Jambore Kader Kesehatan, yang merupakan wadah peningkatan kapasitas bagi kader kesehatan ini juga bertujuan menggalang motivasi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat di seluruh wilayah Kutim.
 
Bahrani menambahkan, agar motivasi dan kinerja kader dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera terwujud, Pemkab juga memberikan kesempatan bagi kader untuk saling berbagi pengalaman. Serta menjaring kader untuk mengikuti jambore tingkat Provinsi Kaltim. Dukungan seluruh komponen sangat diperlukan dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat sebagai sarana komunikasi kesehatan.
 
Ketua TP PKK Kutim Encek UR Firgasih pada kesempatan ini mengharapkan kegiatan Jambore Kader Kesehatan, mempunyai arti penting dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang tinggi. Sehingga dapat terwujud masyarakat Kutim yang sehat dan kuat, sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan penilaian indeks pembangunan manusia (IPM).  
 
“Untuk itulah pembinaan melalui Diskes dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sangat diperlukan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” harap Ence UR Firgasih yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kutim.
 
Firga, panggilan akrab istri bupati Ismunandar ini berharap seluruh kader bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang ditularkan para narasumber. Sehingga dapat bermanfaat dan di implementasikan di wilayah kerja masing-masing kader. Apabila ada hal yang tidak diketahui, Firga meminta agar kader bertanya kepada pembimbing.
 
Jambore Kader sajuta kali ini diikuti Perwakilan Puskesmas Kecamatan Sangatta Selatan, Muara Wahau 2, Kaubun, Sangatta Utara dan Kecamatan Teluk Pandan. Selanjutnya Kecamatan Kaliorang, Kongbeng, Busang, Bengalon, Rantau Pulung dan Kecamatan Sangkulirang.

(AJ/AJ)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA