1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

ISSI diminta rutin gelar kejuaraan untuk cari bibit atlet balap sepeda menuju Porprov

“Area Bukit Pelangi ini memang menjadi lokasi strategis menggelar balap sepeda lantaran lintasannya mulus dan tidak berlubang,” kata Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulaikan kegiatan Pra Porprov di Kutim yang diikuti 38 atlet dari tujuh kabuaten/kota se-Kaltim. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 03 November 2017 05:39

Merdeka.com, Kutai Timur - Bupati Kutim Ismunandar meminta kepada jajaran pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kutim, agar terus menggelar kegiatan sepeda untuk mencari bibit atlet lokal yang handal, menuju Pekan olahraga Porvinsi (Poprov) tahun depan. Kawasan Bukit Pelangi ini dinilai cocok, lantaran lokasinya memadai.

Penegasan itu diutarakan orang nomor satu di Kutim, ketika membuka kejuaraan balap sepeda sekaligus Pra Porprov, di lapangan helipad, kawasan Bukit Pelangi, Kamis (2/11) kemarin. Dikatakan, jika kegiatan balap sepeda digelar rutin, bisa menjaring atlet yang handal dikemudian hari.

Acara pembukaan Pra Porprov yang digelar sederhana itu, dihadiri Wakil Ketua KONI Nanang Sulaiman, Ketua Pengprov ISSI Kaltim Taufik Fauzi, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta, Kadispora Syahril, dan Ketua Panitia Muhammad Faisal dan Ketua ISSI Kutim Insan Bowo Asmoro dan jajaran pengurus ISSI Kaltim
Maupun ISSI Kutim serta peserta balap sepeda se-Kaltim.

“Ajang pra Pra Porprov terus disupport guna mensukseskan Kutim sebagai tuan rumah Porprov VI/Kaltim tahun depan. Area Bukit Pelangi ini memang menjadi lokasi strategis menggelar balap sepeda lantaran lintasannya mulus dan tidak berlubang. Saya ucapkan selamat bertanding,” ucap Ismu yang juga menjabat Ketua Umum PB Porprov.

Ketua Pengprov ISSI Kaltim Taufik Fauzi mengatakan kegiatan ini seleksi atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua. Ditambahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim tersebut ISSI terus berkomitmen memenuhi target dalam pembinaan atlet sepeda untuk mencapai target prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Walaupun pengalaman PON XI di Bandung, Jawa Barat lalu kita lepas target utama merengkuh medali emas, namun tetap pulang dengan kepala tegak karena atlet Kaltim membawa 2 medali perak dan 2 perunggu. Di Pra Poprov ini, ISSI Kaltim berkomitmen melatih sekaligus membina atlet sepeda agar tetap semangat juang dan daya saing menuju juara pada PON 2020 di Papua mendatang,” tambahnya.

Ketua KONI Kaltim Nanang Sulaiman mengutarakan bersyukur cuaca cerah saat pembukaan Pra Porprov ini. Ditambahkan Abah Nanang sapaan akrab mantan anggota DPR RI ini, ISSI bersama KONI Kaltim tanpa henti menggembleng atlet-atlet lokal untuk mengharumkan Kaltim di ajang bergengsi terutama di PON 2020 dan SEA GAMES. Contohnya ketika 4 tahun lalu di SEA GAMES Singapura, atlet Kaltim atas nama Robin berjaya merebut medali emas, namun di Malaysia harus kandas turun hanya merebut perak dan perunggu.

“Hal inilah ISSI Kaltim memotivasi atlet-atlet terutama junior mengikuti jejak prestasi Robin yang menjadi langganan juara di tingkat internasional. Momentum Pra Porprov diharapkan memunculkan atlet yang punya skill mentereng dan punya mental juara,” kata Nanang yang juga sebagai Ketua harian ISSI Kaltim.

Pra Porprov di Kutim ini melombakan tiga kelas yakni individual time trial (ITT), individual road race (IRR) serta mountain bike (MTB). Sedangkan kelas Down Hill yang sebelumnya juga direncanakan dipertandingkan, batal sesuai dengan rekomendasi tim ISSI Kaltim. Seluruh pelaksanaan lomba dipusatkan di Sirkuit di Kawasan Bukit Pelangi, Sangatta Utara.

Ketua Panitia Pra Porprov Faisal mengatakan, dari 10 Kabupaten dan Kota se-Kaltim, ada tiga daerah yang tak ikut. Yakni Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu), Paser dan Penajam Paser Utara (PPU). Sementara Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegera (Kukar), Berau, Kutai Barat (Kubar) serta Kabupaten Kutim selaku tuan rumah menjadi peserta.


(AJ/AJ)
  1. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA