1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Bupati Ismunandar minta KNPI menjadi salah satu ajang pembelajaran demokrasi

“Eksistensi KNPI Kutim tidak perlu diragukan lagi pasalnya sudah bekerja professional dengan suasana kondusif,” ujar Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar memukul ging sebagai tanda dimulaikan kegiatan Pekan Pemuda yang digelar KNPI Kutim di GSG, kawasan Bukit Pelangi, Sangatta Utara. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 03 November 2017 07:26

Merdeka.com, Kutai Timur - Bupati Kutim Ismunandar meminta agar KNPI menjadi salah satu tempat belajar mengasah demokrasi yang baik. Ketika menggelar Musda dan tiba saatnya dilakukan pemilihan Ketua atau pemimpin, sebagai cerminan yang cukup baik.

Hal itu diutarakan Ismunandar ketika membuka Pekan Pemuda yang digelar DPD KNPI Kutim, Kamis (2/11) kemarin di Gedung Serba Guna (GSG), kawasan Bukit Pelangi. Kegiatan ini sebagai ajang kreaivitas generasi muda Kutim dan melibatkan pelajar sebagai peserta serta kalangan pemuda sendiri.

“Bagi yang  kalah harus legowo dan menerimanya dengan ikhlas. Sedangkan yang menang juga jangan sombong. Organisasi ini harus didukung semua elemen. Pemimpin yang menang hendaknya didukung penuh semua pihak dan jangan sampai organisasi ini terpecah belah,” pesan orang nomor satu di Kutim ini.

Ismu, panggilan akrab mantan Seskab Kutim ini meminta, jangan sampai ketika kalah, membuat DPD KNPI tandingan. Dia mengaku bersyukur Kutim hanya satu kepengurusan tidak terbelah-belah.

“Ini bukti  pentingnya kekompakan dalam berdemokrasi dimulai dari pemuda. Eksistensi KNPI Kutim tidak perlu diragukan lagi pasalnya sudah bekerja professional dengan suasana kondusif,” ujar Ismunandar.

Sedangkan Ketua DPD KNPI Kutim Munir Perdana mengatakan, Pekan Pemuda ini sekaligus dirangkai dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-89. Fokusnya mengingatkan kembali sejarah bangsa bahwa saat itu menjadi tonggak dasar kekuatan pemuda mencintai bangsanya dengan pergerakan organisasi pemuda dari sabang sampai merauke bersatu Tanah Air bertumpah darah Indonesia.

“Kepemudaan di tubuh DPD KNPI Kutim berkomitmen dan menyatukan prinsip kreativitas pemuda dengan berpegang kuat pada satu tubuh. KNPI ini tetap terbentuk hanya satu sesuai dengan komando Khairuddin sebagai Ketua DPD KNPI Kaltim yang sah. Untuk itu di Pekan Pemuda ini memang ditujukan untuk memperkuat rasa nasionalisme tinggi peran pemuda dalam kreativitasnya yakni satu kebhinekaan,” kata Munir.

Dijelaskan, kegiatan Pekan Pemuda tahun 2017 ini sudah memasuki tahun kelima dan pertama kali dilaksanakan pada 2012 lalu. Pekan Pemuda ini sebagai ajang kreativitas sekaligus tempat mengasah kemampuan berkarya para pengurus KNPI, khususnya yang berusia muda menggandeng organisasi pemuda serta pelajar.

Kegiatan ini berlangsung selama dua minggu hingga berakhir pada Senin (13/11) mendatang dengan menggelar berbagai acara mulai dari lomba karya tulis, film dokumenter, cerdas cermat, dan panggung kreasi. Terdapat pula kegiatan sosial penanaman pohon serta di penghujung kegiatan ada kuliah umum yang nantinya diisi Wakil Ketua MPR Mahyudin. Seremonial pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Ismunandar.


(AJ/AJ)
  1. ORMAS
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA