1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Lomba kreasi menu petani meriahkan HUT RI di Rantau Pulung

“Adapun lomba kreasi menu kali ini, berpedoman pada menu yang bergizi beragam seimbang dan aman (B2SA),” kata Rudi.

Suasana lomba kreasi menu petani di kecamatan Rantau Pulung, untuk memeriahkan HUT RI. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 30 Agustus 2017 15:53

Merdeka.com, Kutai Timur - Masih sekitar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI, masyarakat gegap gempita mengisinya dengan berbagai lomba. Salah satunya di kecamatan Rantau Pulung (Ranpul), yang menggelar sejumlah lomba dengan mengedepankan kreasi menu petani.

Lomba ini bertujuan untuk mempersatukan warga masyarakat dan meningkatkan tali silaturahim antar warga. Kepanitiaan lomba diemban jajaran Unit Pelaksana Teknis Penyuluhan Pertanian Peternakan dan Perkebunan (UPT P4) Ranpul. Dengan mengusung tema lomba kreasi menu keluarga tani, lomba diikuti lima kelompok wanita tani (kwt) dan lima kelompok tani di wilayah binaan UPT P4 Rantau Pulung. Lomba berlangsung semarak disaksikan oleh ratusan warga setempat sejak pukul 11.00 wita.

“Adapun lomba kreasi menu kali ini, berpedoman pada menu yang bergizi beragam seimbang dan aman (B2SA). Yakni menu makan yang mudah dibuat, enak, berdaya jual, tidak mengunakan bahan kimia, mengandung vitamin, protein, lemak dan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan usia, jenis kelamin, aktifitas, berat badan ideal dan waktu makan,” jelas Kepala UPT P4 Ranpul Rudi Suprianto.

Didampingi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) M Herry, Rudi menjelaskan selain untuk memeriahkan HUT ke 72 RI, lomba juga bertujuan untuk sarana pengembangan kreatifitas pengolahan bahan pangan lokal yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

"Agar warga lebih cakap dalam mengolah hasil perkebunan, menjadi produk rumah yang bisa bernilai ekonomis dan sehat tentunya," sebutnya.

Semua menjadi lebih menarik karena seluruh lomba dibiayai dari dana swadaya pimpinan beserta staf UPT P4. Peserta juga aktif dengan menyediakan bahan masakannya sendiri.

Menurut Ketua Panitia Lomba HUT RI, Najib,  kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan dengan tekad dan niat yang tulus. Walau kondisi keuangan daerah belum memungkinkan.

"Tidak perlu mewah, hadiah yang disediakan cukup tropi, sertifikat serta uang pembinaan. Itu sudah cukup yang terpenting semangat kebersamaan," sebutnya.

Juara pertama pada lomba kali ini jatuh pada KWT Perempuan Maju Sejahtera Desa Manunggal Jaya dengan sajian nasi, sayur asam, perkedel tempe, rolade tahu, pepes tahu, telur ayam kampung rebus, cah kangkung. Juara dua KWT Tunas Mekar Desa Rantau Makmur menyuguhkan nasi putih, sayur bening, ayam goreng kampung, sambal goreng tempe.

Juara ketiga KWT Melati Desa Kebon Agung yang memasak nasi putih, Lele bakar, Ayam kampung bumbu karih, urap jantung pisang, sambal goreng jantung pisang yang dinilai oleh tim juri dari unsur kecamatan, puskesmas dan dari UPT Puskeswan Ranpul.

Wakiran selaku perwakilan Distan Kutim menyebutkan dimaksud selain menjalin silahturahmi juga mempererat komunikasi antar instansi teknis tingkat kecamatan.

"Pertemuan ini dapat meningkatkan sistem penyuluhan serta koordinasi antara UPT P4, para PPL, KWT dan Poktan," tuturnya.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA