1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Sambut Idul Adha, Pemkab Kutim tetap gelar pawai takbir keliling

”Walaupun dak memakai kendaraan hias, pawai takbir tetap dilombakan dengan kriteria berdasarkan kekompakan dan ketertibannya,” kata Andi.

Bupati Ismunandar didampingi Wabup Kasmidi Bulang ketika melepas pawai takbir keliling menjelang Idul Fitri lalu di depan masjid Agung, Sangatta. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 30 Agustus 2017 15:17

Merdeka.com, Kutai Timur - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) direncanakan bakal menggelar pawai takbir keliling pada Kamis (31/8) malam, untuk menyambut hari raya Idul Adha. Kegiatan ini seperti biasa, diikuti masjid-masjid dan musholla di Sangatta Selatan dan Utara serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Pawai bernuansa Islam dengan menyerukan takbir ini akan berbeda pada takbir sebelumnya. Yaitu tidak menggunakan kendaraan hias seperti tahun lalu, hanya menggunakan kendaraan roda empat biasa. “Pada rapat bersama PHBI, telah diputuskan  pawai takbir tidak menggunakan kendaraan hias,” kata Kepala Bagian Sosial Setkab Abdul Rahman.

Mengapa pawai takbir tanpa kendaraan hias? Menurut Kabag Sosial hal tersebut didasari hasil evaluasi dari pengalaman pelaksanaan pawai takbir sebelumnya. Yakni masih terjadi pelanggaran oleh peserta. Seperti terdapat ukuran kendara hias yang tidak sesuai dengan yang disepakati. Sehingga berdampak pada terhambatnya iringan pawai, serta kendaraan hias banyak  tersangkut pada kabel yang terbentang menyeberangi atas jalan.     

”Walaupun tidak memakai kendaraan hias, pawai takbir tetap akan dilombakan dengan kriteria berdasarkan kekompakan dan ketertibannya,” kata Andi.

Pawai ini akan melibatkan seluruh Ormas, Majelis Taklim, SKPD dan instansi lainnya. Rute yang akan dipakai yaitu start di depan Masjid Agung Komplek Islamic Center, Bukit Pelangi menyusuri Jalan A Wahab Syahranie (eks Jalan Pendidikan), berbelok kiri ke Jalan Yos Sudarso 2 dan 1, Sangatta Lama. Kemudian berbalik menuju arah Sangatta Baru, melewati Jalan Poros Kabo hingga finish di eks Kantor Bupati di Jalan Soekarno-Hatta.  

Sementara itu, untuk pelaksanaan sholat Idul Adha, Bupati Ismunandar akan merayakannya di Kecamatan Sangkulirang. Kemudian untuk mengisi pembacaan sambutan Bupati di Masjid Agung akan diwakili oleh Sekretaris Kabupaten Irawansyah. Sedangkan Wakil Bupati yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji bersama istri Ny Tirah Satriani merayakan lebaran kurban di Tanah Suci Makkah.



(AJ/AJ)
  1. RELIGIUS
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA