1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Posyandu Flamboyan Kutai Timur berebut ‘tiket’ menuju ke tingkat nasional

“Kita berdoa, semoga posyandu Flamboyan jadi yang terbaik se-Kaltim bisa ikut lomba ke tingkat nasional mewakili provinsi Kaltim,” kata Firga.

Tim penilai dari provinsi Kaltim sedang melakukan verifikasi data-data Posyandu Flamboyan, kecamatan Rantau Pulung, kabupaten Kutai Timur. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 09 November 2017 07:14

Merdeka.com, Kutai Timur - Posyandu Flamboyan di desa Rantau Makmur, kecamatan Rantau Pulung yang masuk nominasi tiga besar provinsi Kaltim, Selasa (7/11) lalu dilakukan verifikasi tim penilai dari provinsi Kaltim. Jika beruntung, bisa memperoleh juara dan mewakili Kaltim maju lomba ke tingkat nasional.

Ketua Tim Penilai dari Provinsi, Surya Dharma Herman saat ditemui usai melakukan penilaian mengatakan bahwa kedatangannya adalah untuk memverifikasi dari data-data yang telah dikirimkan ke provinsi baik berupa file atau audiovisual.

“Posyandu terbaik se-kaltim nantinya kita kirimkan ke pusat mewakili Kaltim diikutkan penilaian Posyandu se Indonesia,” kata Herman.

Sedangkan ketua TP PKK Kutim Hj Encek UR Firgasih mengatakan, pihaknya mengaku bangga posyandu Flamboyan masuk nominasi dan memperoleh penilaian tiga besar dari tim provinsi Kaltim. Dia berharap, Kutim bisa menjadi yang terbaik dan mewakili Kaltim nantinya.

“Kita berdoa saja, semoga posyandu Flamboyan menjadi yang terbaik se-Kaltim  sehingga bisa ikut lomba ke tingkat nasional mewakili provinsi Kaltim,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kutim Hj Encek UR Firgasih, didampingi sekretaris PKK dr Yuwana Sri Kurniawati.

Sebelumnya, posyandu Flamboyan terpilih sebagai juara pertama di tingkat kabupaten Kutim, setelah dilakukan penilian se-Kutai Timur. Sehingga posyandu yang ada di kecamatan Rantau Pulung ini, mewakili Kutim ikut lomba di tingkat provinsi.

Firga yang juga bunda PAUD Kutim ini menjelaskan Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang bersumberdaya masyarakat. Saat ini Posyandu bukan hanya melayani lima pokok program saja, akan tetapi telah berkembang dan terintegrasi dengan kegiatan lain seperti Bina Keluarga Balita (BKB), PAUD, usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), Toga dan lain sebagainya.

Seskab Irawansyah yang ikut mendampingi tim penilai dari porvinsi turun ke lapangan mengaku bangga, ada salah satu Posyandu di Kutim masuk tiga besar tingkat provinsi. Mantan Sekretaris DPRD Kutim ini mengapresiasi keberhasilan yang dicapai Posyandu Flamboyan di desa Rantau Makmur hingga akhirnya masuk dalam penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Kaltim. Menurut dia hal tersebut menunjukkan bahwa pembinaan yang dilakukan oleh TP PKK Kutim terkait pemberdayaan dan pengembangan posyandu di daerah semakin baik.

Tim penilai posyandu se-Kaltim yang diketuai Surya Dharma Herman dari Dinas Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Provinsi Kaltim sudah melakukan kunjungan dan penilaian ke posyandu yang ada di Kutai Kartanegara yang juga masuk tiga besar. Menuru rencana, tim akan meluncur ke Berau melakukan penilaian yang sama di sana, setelah selesai kegiatan di Kutim.

Camat Rantau Pulung Mulyono saat menyambut tamunya mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba Posyandu tingkat Provinsi Kaltim, Dinas Pemberdayaan masyarakatan dan Desa, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dan TP PKK Provinsi Kaltim.

Tak lupa Mulyono mengucapkan terimakasih kepada tim penilai dari Kabupaten Kutim yang telah mempercayakan Posyandu Flamboyan bisa mewakili Kutim. Termasuk kepada tim Pembina dari Kabupaten serta Kecamatan yang terdiri dari unsur kesehatan Puskesmas, TP PKK, pengurus desa serta stakeholder yang telah membantu segala kegiatan Posyandu Flamboyan.



(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA