1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Harling, 24 sekolah di Kutim terima penghargaan adiwiyata

“Adanya fungsi alam untuk menunjang system kehidupan, dengan mempertahankan kesehatan lingkungan dan ketersediaan udara bersih,” kata Nurbaya.

Wabup Kasmidi Bilang, Seskab Irawansyah, Kadis LH dan seorang pelajar menerima piagam dan tropi setelah memenangkan lomba pada Harling tahun 2017. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 17 Juli 2017 17:54

Merdeka.com, Kutai Timur - Peringatan Hari Lingkungan Hidup (Halring) se-dunia di Kutim diperingati sederhana, dengan pelaksanaan apel upacara di halaman kantor bupati, Senin (17/7) tadi pagi. Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutim Irawansyah didaulat sebagai inspektur upacara.

Pada kesempatan itu, sebanyak 24 sekolah dasar baik negeri maupun swasta se-Kutim diberikan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata. Piagam penghargaan itu diserahkan Wakil Bupati Kasmidi Bulang dan Seskab Irawansyah.

Adapun penerima penghargaan sekolah adiwiyata (pendidikan lingkungan hidup) Kutim diterima SDN 008 Kecamatan Sangatta Utara, SMPN 5, SD DDI Sangatta Utara, SDN 007 dan SDN 009 Sangatta Selatan selanjutnya SDN 007 dan SDN 012 Bengalon, SDN 001 Kaliorang, SDN 002, SDN 004, SDN 006 Kaliorang serta SDN 009 Sangkulirang, SDN 015 dan SDN 016 Kecamatan Sangkulirang.

Selain Seskab juga hadir pada acar itu Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Komandan Pangkalan TNI AL Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta, Komandan Distrik Militer 0909-Sangatta Letkol Infantri Setyo Wibowo, Kajari Kutim Mulyadi, perwakilan Kapolres Kutim, Kepala Dinas (Kadis) Lingkugan Hidup Ence Achmad Rafiddin Rizal dan Kadis Pendidikan Achmadi Baharuddin serta kepala Organisasi Perangkat Darah (OPD) lainnya.

Menteri Lingkugan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Seskab Irawansyah menyampaikan beberap hal. Yakni tentang menata hubungan alam dan manusia bukan hanya sekedar mengelola sumber daya alam (SDA) untuk tujuan profit manusia semata. Apalagi profit itu untuk segelintir manusia. Lingkungan dan alam membutuhkan perlidungan yang siknifikan, karena memiliki arti sangat besar dan bisa dikatakan penentu hidup manusia yang menjadi bagian dalam landscape ekologi.

“Adanya fungsi alam untuk menunjang system kehidupan, dengan mempertahankan kesehatan lingkungan dan ketersediaan udara bersih, air serta tanah mejadi ruang dan medium yang sesuai aktifitas manusia seperti rekreasi dan bercocok tanam,” jelas Menteri LHK Siti Nurbaya.

Dia menambahkan fungsi informasi juga memberikan kontribusi bagi manusia untuk kesehatan mental dengan menyediakan kesempatan untuk refleksi dengan pencerahan spiritual yang berpengaruh bagi manusia. Karena alam telah menyediakan berbagai SDA mulai pangan, bahan mentah untuk industri, sampai dengan material genetic untuk energy.  

“Sangat tepat badan lingkugan hidup dunia menetapkan tema 2017 HLHS ‘Connecting People to Nature’ atau menyatu dengan alam, sangatlah tepat,” tambahnya.

Dinas LHK sebagai regulator didaerah mengadakan berbagai lomba pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2017. Seperti menggambar poster dan keluar sebagai juara 1 SD YPPSB 3 Kecamatan Sangatta Utara, juara 2 SDN 001, juara 3 SD YPPSB 1 Sangatta Utara kategori kebersihan kantor juara 1 Pangkalan TNI AL Sangatta, juara 2 SUB DEN POM VI/1-5 Sangatta dan juara 3 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA