1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Pemkab Kutim bagikan ribuan helm kepada masyarakat di jalan raya

“Kita harapkan masyarakat berhati-hati di jalan raya. Patuhi aturan berlalu lintas dan menggunakan helm standar SNI,” kata Kasmidi.

Wabup Kutim Kasmidi Biulang memasangkan helm kepada salah seorang anak yang diboncengkan orangtuanya dan tak mengenakan helm saat berkendara. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 07 Desember 2017 14:12

Merdeka.com, Kutai Timur - Kepedulian Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) terhadap keselamatan masyarakat di jalan raya patut dicontoh. Salah satu contohnya membagikan helm SNI kepada pelajar mulai usia PAUD, TK hingga SMA dan sederajat.

Pembagian helm standar SNI ini dimulai pada Rabu (6/12) kemarin di simpang tiga jalan Pendidikan dan Yos Sudarso atau depan pos polisi. Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang langsung memimpin saat membagikan helm kepada masyarakat tersebut.

Pembagian helm kepada pengendara sepeda motor ini, juga menjalin kerjasama antara Dinas Perhubungan (Dishub) dengan Polres Kutim. Langkah ini dimaksudkan, agar masyarakat lebih berhati-hati dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Kita harapkan masyarakat berhati-hati di jalan raya. Patuhi aturan berlalu lintas dan menggunakan helm standar SNI. Kita membantu ini agar masyarakat mengerti manfaat helm ini,” kata Wabup Kasmidi Bulang di sela-sela acara membagikan helm kepada masyarakat.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar menggunakan helm standar karena demi menjaga keselamatan di jalan raya. Dengan menggunakan helm seperti itu, masyarakat sudah turut berpartisipasi dalam menjaga ketertiban berlalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kutim Ikhsan Syerpi mengatakan, helm tersebut dibagikan untuk anak-anak usia Sekolah di sejumlah daerah. Sedangkan anak sekolah yang mendapat helm mulai PAUD hingga SMA.

“Tahun ini ada lima kecamatan yang memperoleh jatah pembagian helm, yakni Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Bengalon dan Muara Wahau.  Setiap Kecamatan  mendapat 750 helm,” katanya.

Dia berharap, melalaui pembagian helm, masyarakat Kutim dapat lebih tertib lagi dalam berlalu lintas dan dapat menjaga keselamatan di jalan. Sebab, pantauan di jalan menunjukkan bahwa hampir 99 persen anak tidak memakai helm.

“Kita juga mengimbau kepada orangtua agar memperhatikan keselamatan anaknya dengan mengenakan helm bagi anak yang diboncengnya. Karena helm sangat penting dipakai untuk melindungi kepala,” kata Ikhsan.


(AJ/AJ)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA