1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Ratusan pelajar SD dan SMP se-Kutim ikuti seleksi OSN

“Kita ingin pelajar di daerah ini termotivasi untuk meningkatkan kemampuan akademis di bidang sains,” sebut Landudi.

Ratusan pelajar SD dan SMP Kutim belum lama ini ikut seleksi OSN yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Sangatta Utara. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 19 Maret 2017 04:27

Merdeka.com, Kutai Timur - Ratusan pelajar SD dan SMP yang tersebar di 19 kecamatan di Kutim, pada 11 Maret lalu mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten Kutim. Kegiatan itu digelar di SMP Negeri 1 Sangatta Utara.

Kegiatan OSN yang digelar setiap tahun ini, salah satu tujuannya untuk meningkatkan mutu pendidikan secara komprehensif melalui penumbuh kembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik. Melalui kompetisi yang sehat dan menjunjung nilai-nilai sportivitas, diharapkan pelajar tetap memiliki optimis dalam belajar.

Pelaksanaan OSN di Kutim tahun ini dibuka oleh Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Disdik Kutim Landudi mewakili Kadisdik. Saat itu Landudi menjelaskan pelaksanaan OSN bertujuan untuk memotivasi dan menumbuh kembangkan atmosfir kompetensi yang sehat bagi siswa.

“Kita ingin pelajar termotivasi untuk meningkatkan kemampuan akademis untuk bidang sains,” sebut Landudi.

Pelaksanaan kegiatan OSN di Kutim ini berjalan sejak pukul 09.00 wita. Saat pelaksanaan, peserta terlihat bersemangat dan fokus mengerjakan soal-soal yang diujikan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa menjadi pemenang. Sehingga bisa mewakili Kabupaten dan Kecamatan serta sekolahnya di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Landudi berharap para peserta OSN dari Kutim bisa bersinar hingga sampai ke tingkat Nasional.    

Secara umum, pelaksanaan OSN tingkat Kabupaten untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs di Kutim tetap ramai dan semarak. Berjalan lancar tanpa kendala, meski pelaksanaan kegiatan tahun ini bersamaan dengan kondisi perekonomian Indonesia yang sedang mengalami defisit. Hampir seluruh kecamatan yang ada mengirimkan siswa dan siswi terbaik untuk mengikuti kegiatan seleksi OSN jenjang SD/MI dan SMP/MTs tingkat Kabupaten tahun ini. Jumlah seluruh peserta OSN Kutim sebanyak 296 orang. Untuk tingkat SD terdiri dari 72 siswa untuk bidang lomba Matematika, 72 murid lomba IPA, 72 siswa lomba IPS. Sementara untuk tingkat SMP, 80 murid lomba IPA, 80 orang jenjang lomba Matematika. Para peserta sebelumnya sudah mengikuti seleksi di tingkat kecamatan masing-masing.

(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA