1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

PAUD bisa bentuk karakter anak sejak dini

“Ini perlu disyukuri karena rekan-rekan Himpaudi miliki perhatian terhadap perkembangan peningkatan mutu pendidikan,” kata Mugeni.

Asisten Pemerintahan umum dan Kesra Mugeni ketika memberikan sambutan pada pembukaan diklat PAUD. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 05 Oktober 2017 08:13

Merdeka.com, Kutai Timur - Guru PAUD menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk karakter anak sejak dini. Tanggung jawab guru PAUD tidak hanya sekedar mengajar tetapi perlu juga membentuk karakter anak sejak dini.

Hal itu diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Kesra Mugeni saat membuka acara diklat berjenjang tingkat dasar  di aula pertemuan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara (STIEN) jalan Yos Sudarso, Kamis, (28/9) lalu.

Diklat yang digelar Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kutim selama tiga hari ini bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi guru tingkat dasar dari Kecamatan Rantau Pulung, Bengalon, Teluk Pandan dan Kecamatan Sangatta Selatan dikuti ratusan guru PAUD.

Mugeni mengatakan Pemkab Kutim memberikan apresiasi yang tinggi terhadap panitia pelaksana yang melakukan kegiatan diklat tanpa bantuan dana dari Pemkab, ini sesuatu yang patut ditiru dalam mengelola sebuah organisasi.

“Inisiatif seperti ini perlu disyukuri karena rekan-rekan Himpaudi miliki perhatian terhadap perkembangan peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan,” jelas Mugeni.

Mantan Kadis Sosial Kutim ini menambahkan diklat tersebut yang terpenting adalah mampu menyerap materi yang disampaikan kemudian diaplikasikan ke peserta didik sehingga apa yang diharapkan bisa berdampak positif terhadap rekan guru maupun sekolah masing-masing.

“Kebanyakan persoalan yang terjadi saat ini bersumber dari lemahnya karakter. Oleh karena itu saya pesan kepada semua guru PAUD menekankan pendidikan karakterTenaga Pendidik merupakan pelayan publik, jadikan momen ini sebagai introspeksi diri untuk memperbaiki layanan pendidikan di tingkat dasar, Sangat penting dalam usia Golden Age (1-5 tahun) untuk pembentukan karakter anak,” harap Mugeni.

Kepala Dinas Pendidikan Ahmadi Baharuddin dalam sambutannya menyampaikan apa yang dilakukan Himpaudi merupakan suatu yang perlu contoh karena mengadakan kegiatan secara mandiri tanpa bantuan dana dari Pemkab Kutim semoga hal serupa juga bisa diikuti organisasi lain.

“Setiap program jangan selalu tergantung dana pemkab dan ternyata apa yang kita saksikan terbukti dengan pelatihan digelar himpaudi bisa berjalan dengan baik,” ujar Akhmadi Baharuddin.   

Ia menambahkan, dalam dunia pendidikan perilaku dapat menimbulkan efek pada anak didik apalagi perilaku tersebut d lakukan di depan mereka, tampilkan sikap profesional di depan peserta didik sehingga apa yang mereka saksikan dapat terpatri di hati anak-anak.

“Pendidikan PAUD merupakan langkah awal dalam mengawali perkembangan karakter dan sosial anak didik,” jelas Akhmadi.




(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA