1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Panitia pawai takbir keliling sediakan hadiah Rp 30 juta

Ratusan kendaraan roda empat dan roda dua ikut memeriahkan pawai takbir keliling dan jadi hiburan masyarakat ibukota menyambut Idul Fitri.

Bupati Ismunandar melepast bendera start saat pawai takbir keliling di kawasan Bukit Pelangi dan diikuti ratusan kendaraan roda empat dan roda dua. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 30 Juni 2017 10:57

Merdeka.com, Kutai Timur - Pelaksanaan pawai takbir keliling yang digelar Pemkab Kutim bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menjelang lebaran belum lama ini, menjadi menarik. Sebab, panitia menyediakan hadiah bagi peserta dengan total sebesar Rp 30 juta plus piala atau trophy serta piagam.

Mengenai pembagian hadiah, akan ditentukan kemudian oleh panitia. Pawai takbir keliling yang diikuti berbagai unsur itu seperti OPD, Ormas, OKP, BUM, Parpol dan Perusahaan serta lembaga keagamaan, Masjid, Musholla, berlangsung sangat meriah. Sebab, sebelumnya telah diinformasikan kepada kaum muslimin dan muslimat di wilayah Sangatta Utara dan Selatan mengenai kegiatan tersebut.

Tak pelak lagi, masyarakat jauh-jauh hari sudah mempersiapkan kendaraan untuk dihias dan mengikuti takbir keliling menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H yang startnya dipusatkan di depan masjid Agung, kawasan Bukit Pelangi. Ratusan kendaraan baik roda empat maupun roda dua turut serta memeriahkan acara tersebut dan menjadi tontonan masyarakat ibukota kabupaten Kutai Timur.

Pawai takbir keliling itu dilepas langsung Bupati Ismunandar didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang serta sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kutim maupun unsur FKPD dan undangan lainnya.

Setiap kendaraan juga dilengkapi dengan soundsystem yang mengumandangkan takbir. Yang menarik, sebagian besar kendaraan roda empat dihias sedemikian rupa sehingga menjadi perhatian bupati maupun wabup serta undangan maupun masyarakat di sepanjang jalan yang dilaluinya.

Pada kesempatan itu Bupati Ismunandar menyampaikan kepada seluruh ummat Islam yang telah menyelesaikan puasa Rhamadhan sebulan penuh, atas nama Pemkab Kutim mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1438 H, mohon maaf lahir dan batin.

“Selamat hari Raya Idul Fitri, semoga amal ibadah di bulan suci Rhamadhan senantiasa membekas dan mendapat berkah dari Allah SWT, mudahan kita semua masih dipertemukan Ramadhan yang akan datang,” kata Ismunandar.

Sebelum mengibarkan bendera start, orang nomor satu di Kutim ini mengingatkan kepada seluruh peserta pawai takbir, untuk tetap mematuhi rambu lalu lintas dan tata tertib berkendara dan utamakan keselamatan.

Kendaraan roda empat yang dihiasi berbagai macam replika, ada masjid, Al'Quran dan yang lainnya ikut menyemarakkan kegiatan takbir keliling tersebut. Sedangkan rute yang dilalui adalah, dari Bukit Pelangi menunju ke jalan Pendidikan, kemudian menyusuri jalan Yos Sudarso I, kemudian berputar menuju  Sangatta Baru dan finish di kantor bupati lama, jalan Soekarno-Hatta.

Panitia akan memberikan penilaian kendaraan yang mengikuti pawai secara tertib dan menyediakan hadiah kepada peserta berupa sertifikat, trophy, uang pembinaan. Yakni mulai terbaik pertama hingga enam dengan total hadiah Rp 30 juta.

(AJ/AJ)
  1. RELIGIUS
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA