1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Usai jadi inspektur upacara Dandim bagikan ‘permen Pancasila manis’

"Pancasila sebagai penangkal ancaman yang saat ini banyak terjadi di mana-mana,” kata Setyo Wibowo.

Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo sedang membagikan 'permen Pancasila manis' usa jadi Inspektur Upacara memperingati Harlah lahrnya Pancasilan di SMKN 2 Sangatta Utara. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Rabu, 31 Mei 2017 17:47

Merdeka.com, Kutai Timur - Momentum peringatan hari lahir Pancasila yang bertepatan pada 1 Juni besok, menjadi hari bahagia bagi kalangan pelajar. Terutama di SMK Negeri 2 Sangatta Utara, yang Rabu (31/5/2017) tadi pagi menggelar upacara bendera dan dihadiri langsung Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo dan didaulat menjadi inspektur upacara.

Usai pelaksanaan upacara yang diikuti sekitar 500 pelajar SMK Negeri 2 Sangatta Utara itu, Dandim langsung membagikan ‘permen Pancasilan manis’ kepada pelajar dan guru di sekolah tersebut. Bukan hanya itu, staf karyawan sekolah juga kebagian pembagian ‘permen Pancasila manis’ tersebut.

SMK Negeri 2 Sangatta Utara memang mendahului menggelar pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang ditetapkan Presiden Joko Widodo setiap tanggal 1 Juni. Upacara bendera dilaksanakan di halaman SMK Negeri 2 Sangatta Utara, jalan A Wahab Syahrani (eks Pendidikan) dan diikuti jajaran guru, karyawan dan pelajar serta sebagian anggota Kodim 0909/Sangatta.

Upacara dimulai pada pukul 08.00 Wita. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Inf A Zaidi, sementara Dandim 0909/Sgt Letkol Inf Setyo Wibowo didaulat sebagai Inspektur Upacara.

Selain Dandim, tampak Kepala SMK Negeri 2 Sangatta Taufik Hidayat, Staf, para Guru dan karyawan SMK Negeri 2 Sangatta beserta peserta upacara siswa-siswi SMK Negeri 2 Sangatta sebayak 500 org. Setelah pengibaran bendera merah putih dilanjutkan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, do'a dan prosesi Andika Bhayangkari.

Ditemui selepas kegiatan, Dandim 0909/Sgt Letkol Inf Setyo Wibowo mengucapkan banyak terima kasih kepada SMK Negeri 2 Sangatta. Karena sudah melaksanakan upacara Harlah Pancasila dengan baik dan khidmat sehingga berjalan dengan lancar. Upacara ini dilaksanakan untuk memperingati Pancasila yang sangat berarti bagi bangsa dan sebagai pemersatu bangsa.

"Pancasila sebagai penangkal ancaman yang saat ini banyak terjadi di mana-mana, oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia hendaknya nilai Pancasila harus di junjung tinggi untuk pemersatu bangsa, dalam hal ini peran seluruh elemen masyarakat harus aktif," tegas Dandim.

Tahun ini merupakan tanggal merah pertama peringatan Harlah Pancasila. Sebagai tambahan tahun ini seluruh Indonesia memperingati Harlah Pancasila ke-72, sama dengan HUT Kemerdekaan RI sesuai dengan Keppres baru terbit tahun yang lalu.

Kepala SMKN 2 Sangatta Utara Taufik Hidayat mengutarakan penetapan Harlah Pancasila melalui Keppres tersebut dirasa sudah tepat. Tujuannya mengukuhkan lagi semangat Pancasila dalam jati diri bangsa.

"Memang Pancasila harus kita teguhkan kembali khususnya di lingkugan siswa-siswi untuk menumbuhkan semangat persatuan. Kita sebagai bangsa ini mengalami ujian, di dunia internasional juga mengalami ujian mengenai Bhinneka Tunggal Ika dalam menentukan keberagaman, persatuan, dan lain-lain. Ini momentum yang pas sekali, rumusan Pancasila ini kesatuan proses," kata Taufik.

(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA