1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Kasmidi kembali terpilih aklamasi jadi Ketua Kwarcab Pamuka Kutim

“Saya Cuma mengingatkan, tahun ini ada agenda nasional yang harus kita sukseskan bersama dan diharapkan Kutim bisa ikut serta,” kata Hatta.

Pengurus dan anggota Pramuka saat menghadiri acara pembukaan Musyawarah Cabang Pramuka di hotel Victoria. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 01 Juni 2017 09:19

Merdeka.com, Kutai Timur - Kasmidi Bulang yang sudah memimpin Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kutim selama lima tahun, saat digelar Musyawarah Cabang (Muscab) pada Rabu (31/5) kemarin, kembali terpilih secara aklamsi untuk memimpin gerakan pramuka di Kutim lima tahun ke depan. Kepercayaan ini diberikan oleh 14 Kwarran se-Kutim yang hadir pada acara Muscab yang dihadiri Ketua Kwarda Pramuka Kaltim HM Hatta Zaenal tersebut.

Muscab yang digelar di Hotel Royal Victoria Sangatta Utara ini, diikuti seluru pengurus Kwarran dan pengurus Pramuka. Saat menyampaikan pidato pertanggungjawaban pada periode sebelumnya, memperoleh tanggapan positif oleh peserta Muscab dan sepakat mengangkat kembali Wakil Bupati (Wabup) Kutim itu untuk memimpin Kwarcab Kutim periode 2017-2022 mendatang.

Pagi harinya, acara seremoni pembukaan dihadiri sejumlah undangan dan pengurus Saka yang ada di Kutim dan kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), unsur FKPD dan undangan lainnya. Selain itu, hadir juga sejumlah pengurus Kwarda Pramuka Kaltim.

Kegiatan yang dibuka Asisten Pemkesra Setkab Kutim Mugeni ini, diawali dengan tarian Jepen persembahan dari pelajar SMP Negeri 2 Sangatta Utara. Pada kesempatan itu, Mugeni berharap untuk Kwarcab Kutim di bawah kepemimpinan Kasmidi Bulang terus mengalami kemajuan. Menurutnya Kasmidi patut dipilih kembali karena telah dipercaya dan selama memimpin banyak mendapatkan prestasi.

“Pemerintah mendukung semua kegiatan Muscab Kwarcab Kutim, sudah banyak agenda-agenda yang dilaksanakan oleh gerakan pramuka Kutim dan sering mengikuti kegiatan-kegiatan nasional maupun internasional. Bahkan banyak telah mendapatkan prestasi-prestasi terbaik,” jelasnya.

Mugeni menambahkan kegiatan Kwarcab Kutim tidak saja di Kabupaten. Sebab, Majelis Pembimbing Ranting (mabiran) yang ada di kecamatan-kecamatan juga selalu aktif menjalankan kegiatan kepramukaan.

Ketua Kwarda Kaltim Hatta Zaenal meminta Kwarcab Kutim terus meningkatkan kinerja dan kegiatannya. Ia mengaku bangga, lantaran Kwarcab Kutim selama ini cukup aktif mengikuti berbagai kegiatan, baik nasional maupun internasional.

“Saya Cuma mengingatkan, tahun ini ada agenda nasional yang harus kita sukseskan bersama dan diharapkan Kutim bisa ikut serta,” kata Hatta, panggilan akrab mantan anggota DPRD Kaltim ini.

Sedangkan tahun depan, akan ada Musyawarah Nasional (Munas) Pramuka yang akan diikuti seluruh Kwarda se-Indonesia. Pihaknya ingin pengurus dan anggota pramuka se-Kaltim turut aktif mensukseskan gerakan pramuka di nusantara ini.

Ketua Kwarcab yang juga sebagai Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan dari 18 kecamatan di Kutim  sudah  memiliki 14 Kwartir Ranting (Kwarran) dan ikut hadir mengikuti musyawarah. Kasmidi menyampaikan pesan Bupati Kutim Ismunandar yang berharap pada Kwarcab untuk satuan karya Pramuka (Saka) bisa aktif mendukung semua program pemerintah. Termasuk program Pramuka secara Nasional yang salah satunya adalah mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

“Pemerintah berharap kepada Kwarcab untuk bisa mem back-up bahaya peredaran dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Jangan sampai masuk kepada anak-anak kita, adik-adik kita di tingkat pelajar,” kata Kasmidi menyampaikan pesan Bupati.

Sehubungan  hal itu, ia selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kutim sangat berharap semua saka-saka untuk terus berkoordinasi. Karena pemberantasan narkoba menjadi tugas dan tanggungjawab bersama. Bukan hanya tugas BNK, kepolisian dan beberapa organisasi. Namun juga merupakan tugas pemerintah hingga masyarakat yang ada di Kabupaten Kutim.


(AJ/AJ)
  1. Pramuka
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA