1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Pama salurkan 500 paket sembako di pasar murah, camat minta ditambah

"Terimakasih kepada perusahaan atas inisiasi dan partisipasi mengatasi kesulitan ekonomi masyarakat," kata Basuni.

Meski menggendong anak, namun seorang ibu ini rela antre untuk memperoleh paket sembako murah yang disalurkan PT Pama di gedung BPU kecamatan Sangatta Utara. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 18 Juni 2017 08:38

Merdeka.com, Kutai Timur - Menjelang lebaran tahun ini, ada sejumlah pihak yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat kecil untuk menyalurkan paket sembako melalui pasar murah. Salah satu contohnya digelar PT Pama Persada pada Sabtu (17/6) kemarin di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) kecamatan Sangatta Utara.

Meski jumlah paket sembako yang disalurkan sebanyak 500 paket, namun Camat Sangatta Utara Muhammad Basuni mengaku masih kurang. Pihaknya meminta kepada perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan itu ke depannya bisa menambah paket yang disalurkan untuk masyarakat yang kurang mampu.

Kendati demikian, Basuni, panggilan akrab Camat Sangatta Utara ini mengaku senang dan menyambut menyambut baik atas kepedulian yang disampaikan PT Pama di kota Sangatta. Pihaknya memberikan apresiasi kegiatan yang dilaksanakan PT Pama Persada Nusantara melalui pasar murah ini.

"Terimakasih banyak kepada perusahaan atas inisiasi dan partisipasi mengatasi kesulitan ekonomi masyarakat," kata Basuni di hadapan ratusan masyarakat.

Menurutnya harga Rp 50 ribu mungkin tidak seberapa. Namun bagi warga yang membutuhkan nilai tersebut sangatlah besar. Melalui program ini pula, Basuni mengatakan bahwa masyarakat bisa turut beramal bersama perusahaan. Karena bisa turut berpartisipasi memperbaiki kualitas lingkungan dan membantu anak-anak panti asuhan atau program sosial lainnya.

Menurutnya kupon untuk membeli paket sembako murah ini didistribusikan kepada warga kurang mampu sesuai rekomendasi Ketua RT. Kebanyakan penerimanya adalah lansia. Karena manfaatnya yang besar untuk meringankan kesulitan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap pasar murah selanjutnya jumlah paket yang dijual bisa ditambah, terlebih animo masyarakat sangat besar,” kata Basuni.

Pada kesempatan itu, Basuni yang baru menjabat sebagai orang nomor satu di kecamatan Sangatta Utara ini baru, untuk itu dia meminta  dukungan dari seluruh warganya. Melalui kritik dan saran yang membangun.

Setelah menyampaikan sambutan dilakukan penandatangan berita acara penyaluran bantuan untuk panti asuhan, pesantren dan program Kampung Iklim oleh manajemen perusahaan dan perwakilan penerima bantuan disaksikan Camat. Selanjutnya dirangkai penyerahan simbolis sembako murah oleh perusahaan dan camat kepada dua warga.

Pasar murah bertema "Berkah Ramadhan Pama-KPCS Berbagi" yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh Astra Group melalui anak perusahaannya ini, diperuntukkan bagi warga kurang mampu, seperti lansia. Kegiatan ini digelar sebagai rasa kepedulian perusahaan kepada masyarakat, khususnya menjelang lebaran.

Human Capital Departemen Head PT Pama Persada Nusantara Distrik KPC Sangatta, Sukendi, menjelaskan kegiatan pasar murah dilaksanakan untuk ring satu wilayah kerja perusahaan. Meliputi Desa Sangatta Utara, Teluk Lingga, Singa Gembara dan Swarga Bara.

"Total sembako yang dijual murah ini sebenarnya ada 500 paket. Khusus untuk warga Swarga Bara, karena alasan jauh maka teknis pelaksanaannya dilakukan di kantor desa setempat dengan 125 paket sembako. Sementara di BPU Sangatta sebanyak 375 paket untuk warga tiga desa," jelas Sukendi.

Dia menambahkan program pasar murah ini merupakan  program sosial Astra Internasional melalui anak perusahaannya yakni PT Pama Persada Nusantara, guna mendukung program Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perdagangan RI. Sembako yang dijual dalam pasar murah ini harganya hanya 50 persen dari harga normal di pasaran. Namun 50 persen lagi yang secara teknis telah dibayar oleh perusahaan dan uang dari hasil penjualan, nantinya akan disalurkan untuk mendukung program sosial lainnya. Yakni 25 persen disalurkan ke panti asuhan maupun pesantren dan 25 persen lainnya guna mendukung program penghijauan untuk "Kampung Iklim".

"Harapan kami program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga pasar murah seperti ini bisa terus ada pada tahun-tahun mendatang. Terimakasih kepada pihak Pemerintah Kecamatan Sangatta Utara yang telah memberi dukungan. Diharapkan ke depan perusahaan bisa eksis untuk memberikan manfaat bagi masyarakat," tutupnya.

CSR Officer PT Pama Persada Nusantara, Suryadi, menambahkan dana dari hasil penjualan pasar murah ini nantinya digunakan untuk mendukung program kampung iklim di Dusun 4 Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara. Terintegrasi dengan program Kampung Berseri Astra Internasional. Yakni program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui kegiatan Posyandu, penanaman pohon, daur ulang bahan bekas dengan memberdayakan masyarakat. Selanjutnya dijelaskan paket sembako pasar murah ini di antaranya berisi 2 kg beras, 2 kg tepung, 2 liter minyak goreng, hingga sebotol sirup manis.

"Paket sembako harga normal Rp 104.500, namun di pasar murah masyarakat bisa membeli hanya dengan harga Rp 50 ribu saja," jelasnya kepada warga yang sudah mengantre sejak pukul 09.30 wita.

(AJ/AJ)
  1. BANSOS
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA