1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Harling, KPC raih proper emas dalam pengelolaan lingkungan

“Kami persembahkan penghargaan ini kepada seluruh karyawan yang telah bekerja keras dan masyarakat yang mendukung operasional,” kata Wawan.

GM ESDM PT KPC Wawan Setiawan ketika menerima penghargaan proper dari Gubernur Awang Faroek Ishak di Lamin Etam Samarinda. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 18 Juni 2017 15:33

Merdeka.com, Kutai Timur - PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang berusaha di sektor pertambangan batubara, dinilai cukup baik dalam pengelolaan lingkungan hidup. Sehingga Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan penghargaan berupa sertifikat emas dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan Hidup (Proper) tahun 2016-2017.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan diterima GM External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan, di Lamin Etam, Samarinda, Selasa (13/6) lalu. Pada kesempatan itu, gubernur Kaltim juga menyerahkan penghargaan adiwiyata kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil dalam pengelolaan lingkungan sekolah.

Proper Emas yang diterima KPC 2017 ini, melengkapi peraihan Proper Hijau yang telah diterima 2016 lalu. Sementara untuk kategori emas sendiri, menurut catatan Departemen Environment, telah diterima KPC sebanyak 14 kali.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) KPC Wawan Setiawan usai menerima penghargaan mengatakan, selama ini pihaknya selalu melakukan inovasi untuk mencapai kondisi lingkungan lebih baik dalam proses penambangan perusahaan.

“Kami persembahkan penghargaan ini kepada seluruh karyawan yang telah bekerja keras dan semua masyarakat yang telah mendukung operasional perusahaan,” ujar Wawan.

Proper Emas sendiri bermakna, perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup lebih dari yang dipersyaratkan dan telah melakukan upaya 3R (Reuse, Recycle, Recovery). Selain itu menerapkan sistem pengelolaan lingkungan hidup yang berkesinambungan. Serta melakukan upaya-upaya yang berguna bagi kepentingan masyarakat pada jangka panjang.

Selain menerima Proper Emas bidang pengelolaan lingkungan, KPC juga menerima penghargaan sebagai perusahaan yang berpartisipasi dalam program Sekolah Adiwiyata di Kutim. Penghargaan ini terkait peran KPC dalam mendukung Sekolah Adiwiyata yang terus berkembang di Kutim. Penghargaan ini juga diserahkan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan diterima oleh Manager Environment Kris Pranoto, pada acara yang sama.

Sekedar diketahui, sebelum meraih Proper Emas tingkat Provinsi Kaltim ini, pada Kamis (18/5) lalu, di Jakarta, KPC juga meraih  Trophy Aditama pengelolaan lingkungan pertambangan periode 2015-2016. Trophy Aditama merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang lingkungan.

Manager Environment KPC Kris Pranoto mengatakan, trophy Aditama yang diserahkan langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan itu, merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang pengelolaan lingkungan pertambangan. Trophy itu diterima KPC setelah meraih sertifikat Aditama selama tujuh kali berturut-turut.

“KPC mendapatkan penghargaan Aditama untuk pengelolaan lingkungan selama tujuh kali berturut turut dari tahun 2011-2016. Dan pada tahun 2017 ini mendapatkan Trophy Aditama, untuk predikat terbaik dari yang terbaik (best of the best),” kata Kris.

Lebih lanjut Kris menambahkan, pengelolaan pertambangan yang dinilai meliputi aspek reklamasi, pengelolaan kualitas air, udara, getaran dan kebisingan serta aspek pengelolaan limbah. Penghargaan ini diberikan setelah tim ESDM melakukan verifikasi lapangan. Untuk menilai langsung pengelolaan lingkungan di lapangan meliputi semua aspek.



(AJ/AJ)
  1. Lingkungan Hidup
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA