1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Hari Ini, RSP Sangkulirang diresmikan, listrik beroperasi 24 jam

“Setidaknya kita mempersiapkan berbagai hal yang kecil-kecil, jika masih ada kekurangan cepat diatasi,” kata Aisyah.

Wabup Kasmidi Bulang ketika meninjau rumah sakit Pratama Sangkulirang beberapa waktu lalu didampingi sejumlah pejabat dari Dinas Kesehatan dan Camat setempat. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 25 Oktober 2016 05:16

Merdeka.com, Kutai Timur - Masyarakat kecamatan Sangkulirang bisa berbangga , lantaran fasilitas kesehatan sudah bisa dimanfaatkan mulai Selasa (25/10) hari ini. Sebab, direncanakan hari ini, rumah sakit Pratama pertama di Kutim ini bakal diresmikan penggunaannya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum, yakni di kecamatan Sangkulirang dan sekitarnya.

Yang membanggakaan lagi, listrik di kawasan tersebut juga mulai beroperasi selama 24 jam penuh. Jika selama ini hanya 12 jam saja, yakni pada waktu malam hari, kini masyarakat bisa menikmati aliran listrik sehari semalam, kecuali ada pemadaman dari pihak PLN, ada kemungkinan sementara padam terlebih dulu. Namun fasilitas listri itu tetap menyala 24 jam untuk ke depannya.

Sebelum diresmikan penggunaannya, berbagai persiapan telah dilakukan. Mulai memperbaiki bangunan fisik rumah sakitnya, penerimaan atau rekrutmen tenaga medis, dokter  dan administrasi serta  yang lainnya. Kini, rumah sakit tersebut sudah bisa beroperasi penuh dan memberikan pelayanan kesehatan dengan baik.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) dr Aisyah mengungkapkan,  sejak kemarin (Senin/23 Oktober) pihaknya sudah berada di Sangkulirang mempersiapkan segala sesuatu.  “Setidaknya mempersiapkan berbagai hal yang kecil-kecil, jika masih ada kekurangan cepat kita atasi,” katanya.

Menurut Aisyah, beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan rekrutment tenaga kesehatan sebanyak 67 orang. Peserta seleksi yang dinyatakan lulus selanjutnya mengikuti magang di RSUD Kudungga Sangatta, mulai 26 September hingga 5 Oktober 2016.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 24 Tahun 2014, kebutuhan RS Pratama idealnya membutuhkan 4 dokter spesialis. Yakni spesialis anak, penyakit dalam, obgyn dan bedah. Dokter umum 6 orang, dokter gigi 2 orang, bidan 13 orang. Selanjutnya perawat 15 orang, apoteker 1 orang, asisten apoteker 2 orang. Berikutnya radiologi 1 orang, kesehatan lingkungan 2 orang, analisis kesehatan 1 orang, tenaga gizi 1 orang, administrasi dan manajemen 25 serta non kesehatan 16 orang. Total kebutuhan karyawan di RS Pratama Sangkulirang mencapai 89 orang.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk listrik saat ini sudah siap 2 unit genset masing-masing 260 Kva. Kendati demikian, Diskes juga tetap akan berkoordinasi dengan PLN Sangkulirang untuk tambahan daya. Untuk rawat inap, sudah ada 50 kapasitas tempat tidur yang disediakan sebagai fasilitas rumah sakit. Namun yang siap baru 30 tempat tidur. Selanjutnya alkes telah siap di unit poli, Unit Gawat Darurat (UGD), ruang operasi dan bersalin.

(AJ/AJ)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA