1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Setkab A dan Sinar Hijau jadi jawara lomba kasti HUT Kutim

“Tahun 2017 lomba serupa akan kembali digelar. Silahkan semua tim mempersiapkan dengan baik, karena melibatkan tim putra dan putri," kata Kasmidi

Sang juara lomba kasti memperingati HUT ke-17 Kutim, berfoto bersama dengan wabup Kasmidi Bulang di lapangan halaman kantor bupati. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 25 Oktober 2016 08:22

Merdeka.com, Kutai Timur - Lomba kasti antar kaum hawa yang diperuntukkan untuk umum dan kalangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah berakhir pada Minggu (23/10) lalu. Masing-masing kategori, yakni umum dan SKPD ada juaranya dan piala serta hadiahnya, akan diserahkan pada 30 Oktober mendatang, saat malam hiburan rakyat dan pentas musik berlangsung di halaman kantor camat Sangatta Utara.

Babak final lomba kasti yang diselenggarakan guna memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 17 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berlangsung sengit. Ada dua kategori yang dilangsungkan dalam lomba kasti di halaman Kantor Bupati selama tiga hari berturut-turut sejak 20 sampai 23 Oktober 2016 lalu.

Untuk kategori umum, Tim Sinar Hijau yang mengenakan seragam putih kombinasi biru bertemu Ikatan Keluarga Singa Geweh 2 (IKA SG 2) dibabak semifinal. Saat pertandingan, IKA SG 2 hanya bisa mengumpulkan 3 poin dan mesti mengakui keunggulan Sinar Hijau yang mengantongi 15 poin. Sehingga, Sinar Hijau melaju ke babak final bertemu dengan Keluarga Enrekang (KE) yang unggul telak atas Momskie 35-2.

Partai final dilaksanakan pukul 16:00 wita setelah waktu Sholat Ashar. Sayang dipartai penentu ini KE  harus mengakui ketangguhan Sinar Hijau dengan skor timpang yakni hanya bisa meraih 2 poin. Sedangkan Sinar Hijau unggul dengan 38 poin dan berhak menjadi juara pada kategori umum.

Kategori Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tak kalah seru. Disperindag harus mengakui keunggulan Setkab A yang berhasil mengumpulkan poin 26. Disperindag hanya mampu mengumpulkan 7 poin dan tertinggal 19 poin dari Setkab A. Karenanya tim Setkab A berhasil meraih posisi puncak lomba kasti kategori SKPD.

Sebelum partai final yang sengit, terlebih dahulu dilaksanakan babak semifinal 4 tim perwakilan Setkab A melawan Setkab C, Disperindag versus Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga. Keempat tim ini bersaing memperebutkan tiket ke final. Setkab A yang memakai seragam biru berhasil menyingkirkan saudara kembarnya Setkab C yang menggunakan seragam merah dengan skor 9-6.

Di semifinal lainnya RSUD Kudungga yang bertemu Disperindag, berakhir dengan skor 15-29. Sehingga Disperindag menjadi penantang Setkab A di final. Meski akhirnya harus puas menjadi runner up.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang saat menutup lomba kasti mengatakan, walaupun lomba baru pertama kali dilaksanakan ternyata berlangsung sukses dan diikuti oleh banyak peserta.

“Untuk itu tahun 2017 lomba serupa akan kembali digelar. Silahkan semua tim mempersiapkan dengan baik, karena akan melibatkan tim putra dan putri. Lomba lain seperti ‘asin naga’ juga akan dipertandingkan,” jelas Kasmidi didampingi Kepala Bidang Olahraga Disporapar Kutim, Abdullah Djagat.

Lomba kasti yang diselenggarakan untuk memeriahkan ulang tahun "sweet seventeen" Kabupaten Kutim ini diikuti oleh 32 tim untuk kategori SKPD dan 21 tim dari masyarakat umum. Hadiah bagi para memenang akan diserahkan pada Minggu (30/10) nanti, bersamaan dengan lomba-lomba yang lainnya.


(AJ/AJ)
  1. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA