1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Antisipasi kelebihan berat badan, ratusan pegawai ikut tes kebugaran

“Kegiatan ini juga untuk melakukan tes kesehatan pegawai secara fisik dalam bekerja,” kata Bahrani.

Tes kebugaran dan kesehatan yang dilakukan Dinas Kesehatan diikuti ratusan pegawai lingkup Pemkab Kutim di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Minggu, 09 April 2017 15:45

Merdeka.com, Kutai Timur - Pada Jumat (7/4/2017) lalu, di halaman Gedung Serba Guna (GSG) kawasan Bukit Pelangi tampak berbeda dari biasanya. Ratusan pegawai berkumpul di sana, untuk mengikuti tes kebugaran, guna mengantisipasi kelebihan berat badan.

“Kegiatan tersebut juga untuk melakukan tes kesehatan bagi kalangan pegawai baik secara fisik dalam bekerja,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani.

Dari pegawai yang mendaftar, tercatat panitia TKP Diskes ada 120 pegawai negeri sipil di lingkungan Setkab Kutim dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain mengikuti kegiatan tahunan ini. Tidak hanya di kalangan pemerintahan, sekitar 8 orang dari anggota Polres Kutim juga turut serta.

“Tujuan jelas bagaimana kita mendapatkan gambaran kesehatan individu-individu PNS, sebelumnya ada pelatihan jasmani dilanjutkan dengan tes tensi mengindentifikasi asam urat, kolesterol, gula darah, dan lemak dalam tubuh. Tidak hanya hari ini, kegiatan ini akan dilanjutkan secara berkala yaitu tiga bulan sekali, ke depan nanti ada TKP untuk masyarakat,” jelas mantan direktur RSUD Kudungga ini.

Bahrani menambahkan ini menjadi gerakan masyarakat sehat, Diskes mempunyai tanggung jawab mempromosikan kegiatan penyakit tidak menular. Selama ini beberapa tahun lalu fokus terhadap penyakit menular sepeti tipes atau pun demam berdarah.

“Nah dari catatan Diskes, angka kematian justru didominasi oleh penyakit tidak menular. Belajar dari kasus banyaknya orang terkena komplikasi jantung bisa kanker dan darah tinggi atau pun kolesterol. Kami banyak temukan pegawai dengan berat badan berlebih, dan tekanan darah tinggi. Jelas misinya menggencarkan publikasi penyakit tidak menular ini ke khalayak luas. Nantinya untuk lebih semarak, Diskes akan bekerjasama dengan rumah sakit setempat,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Kesehatan Olahraga Diskes Irma Ariani mengatakan kegiatan TKP diselaraskan dengan tes sesuai umur untuk menekan terhindar dari penyakit tidak menular. TKP berjalan selama dua jam dimulai Pukul 08.00 sampai 10.00 Wita.

“Seluruh pegawai di lingkungan Setkab Kutim hadir dalam TKP, diikuti peserta dari luar yaitu dari anggota Polres Kutim. Intinya fokus agar para pegawai lebih bugar menyongsong Peraturan Perundangan (PP) Nomor 18 Tahun 2016.

“Ini juga sebagai langkah dalam pembinaan dan menjadi salah satu dasar memberikan arahan pegawai untuk tetap fit, menjaga kesehatan dan stamina dengan harapan pegawai mampu menjalankan tupoksinya secara baik dan maksimal,” tutupnya.

(AJ/AJ)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA