1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Ada yang meninggal dan mutasi, Calhaj Kutim kurang 7 orang

“Jamaah calon haji yang berangkat tahun ini hanya 173 orang saja termasuk petugas haji,” kata Sofiansyah

Pelepasan calon jamaah haji Kutim dipenuhi ratusan masyarakat yang ikut mengantar keluarga di masjid Agung Sangatta Utara. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Jum'at, 04 Agustus 2017 16:26

Merdeka.com, Kutai Timur - Calon haji (Calhaj) yang sedianya berjumlah 180 orang, termasuk dua orang petugas haji, saat dilepas oleh Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang di Masjid Agung belum lama ini berkurang 7 (tujuh) orang. Hal ini disebabkan ada yang meninggal dan sebagian mutasi ke daerah lain.

Sehingga saat berangkat, jamaah calon haji Kutim hanya 173 orang saja. Menurut Kepala Seksi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Kutim Sofiansyah, pengurangan jumlah jamaah calhaj dari kuota yang ditentukan tersebut karena beberapa alasan tersebut.

“Jamaah calon haji yang berangkat tahun ini hanya 173 orang saja termasuk petugas haji. Terbagi jamaah wanita 105 dan laki-laki 68. Kuota tersebut berkurang di karenakan ada jamaah calon haji Kutim yang mutasi (ke daerah lain) dan ada yang meninggal dunia,” kata Sofian, sapaan akrab Sofiansyah.

Detailnya 7 calhaj yang gagal berangkat dari Kutim yaitu, 5 calhaj melakukan mutasi ke Pulau Jawa dan Kota Balikpapan. Sedangkan 1 orang meninggal dunia yaitu Asda Artum Bakar. Sementara 1 orang lainnya mengundurkan diri dari keberangkatan karena alasan sakit, berdasarkan surat keterangan dokter. Jamaah tersebut bernama Hamsyah Comedeng Mapule.

Pelepasan jamaah calhaj oleh Wabup Kasmidi Bulang di Masjid Agung, Komplek Islamic Center, Bukit Pelangi, Selasa (1/8) lalu. Prosesi pelepasan calhaj Kutim ditandai dengan pengalungan kain bertuliskan “Calhaj Kutim”, kepada calhaj tertua dengan usia 87 tahun bernama Djabarusman Kasrun Abdullah dan calhaj termuda yang usianya baru 21 tahun Fatimah Kurnian Bastian. Prosesi pelepasan haji yang mengharukan ini turut disaksikan sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta ratusan sanak saudara yang turut mengantar.

Secara umum, Wabup Kasmidi Bulang berharap seluruh jamaah calhaj Kutim dapat menjaga kesehatan dan menunaikan seluruh rangkaian haji dengan lancar. Sehingga bisa menjadi haji yang mabrur saat kembali ke tanah air.

"Sesama saudara saling bantu dan berkomunikasi, jaga kesehatan sehingga bisa melaksanakan semua rangkaian haji dengan lancar," pesan Kasmidi saat pelepasan.

Sekedar diketahui, para calhaj Kutim bergabung bersama jamaah calhaj Kota Bontang, Kubar dan Balikpapan.

(AJ/AJ)
  1. RELIGIUS
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA