1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

58 warga pedalaman Kutai Timur berhasil jalani operasi katarak

“Dari 158 yang daftar, setelah dilakukan pemeriksaan 100 orang mengalami komplikasi seperti hipertensi dan lainnya,” kata Andriansyah

Pelaksanaan operasi katarak di Puskesmas kecamatan Muara Bengkal, Kutai Timur berjalan lancar dan sukses. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 09 November 2017 13:19

Merdeka.com, Kutai Timur - Pelaksanaan bhakti sosial pengobatan gratis terutama dalam operari katarak yang digelar di Puskesmas Muara Bengkal, kabupaten Kutai Timur, berlangsung lancar dan sukses. Setidaknya ada 58 pasien yang berhasil menjalani operasi katarak, setelah dilakukan pemeriksaan sebelumnya.

“Sebenarnya yang mendaftar ada 158 orang. Namun setelah dilakukan pemeriksaan 100 orang mengalami komplikasi seperti hipertensi, diabetes melitus dan kataraknya masih menipis. Sehingga mereka tak bisa dilakukan operasi,” kata Kepala UPT Puskesmas Muara Bengkal dr Andriansyah MAP.

Antusiasme masyarakat pedalaman untuk melakukan operasi katarak cukup bagus. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kesadaran kesehatan yang cukup tinggi. Diharapkan, masyarakat terus menjaga hidup sehat di masa mendatang.

Dari 158 masyarakat yang mendaftar untuk ikut operasi katarak itu, tak hanya berasal dari kecamatan Muara Bengkal. Sebagian dari Muara Ancalong, Busang, Long Mesengat dan Batu Ampar.

Kegiatan bhakti sosial operasi katarak ini merupakan kerjasama Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Kaltim dan Kaltara dengan Dinas Kesehatan Kutim serta Iluni (Ikatan Alumni Universitas Indonesia). Kegiatan bhakti sosial ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kutim Hj Encek UR Firgasih yang juga Ketua PKK Kutim.

“Kami berharap, operasi katarak dan bhakti sosial ini memberikan nilai tambah bagi masyarakat pedalaman Kutim. Saya mohon maaf, pak Bupati tak bisa hadiri karena ada kesibukan acara lain di Sangatta,” kata Encek UR Firgasih.

Dikatakan, bhakti sosial operasi katarak ini sangat membantu masyarakat. Sebab, jika melakukan operasi sendiri masyarakat harus mergoh koceknya sekitar Rp 5 juta. Sehingga kegiatan ini sangat besar artinya bagi masyarakat terutama di pedalaman Kutim yang memerlukan uluran bantuan seperti ini.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya bhakti sosial operasi katarak ini. Baik donatur maupun sponsor yang membantu kegiatan ini, sehingga masyarakat bisa terbantu dalam operasi katarak.

Demikian juga kepada tim dokter yang telah meluangkan waktunya untuk melakukan operasi katarak selama berada di Muara Bengkal. Kemudian tim medis dan staf UPT Puskesmas Muara Bengkal yang juga ikut membantu dalam kelancaran operasi katarak dan bhakti sosial ini. Tak lupa sejumlah perusahaan yang telah ikut membantu kegiatan ini juga diucapkan terima kasih.

(AJ/AJ)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA