1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

100 pelajar berebut menjadi Paskibraka kabupaten Kutai Timur

“Ini menjadi salah satu penyaringan calon peserta Paskibraka mewakili Kutim, yang mempunyai mental kuat,” kata Kasmidi

Wabup Kutim Kasmidi Bulang memasangkan tanda peserta kepada calon Paskibraka yang ikutn seleksai. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 13 April 2017 15:55

Merdeka.com, Kutai Timur - Setelah melalui seleksai di tingkat kecamatan, ratusan pelajar yang lolos dari masing-masing daerah harus kembali berkutat mengikuti seleksi menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten (Paskibraka) tahun 2017 mendatang. Bagi yang lolos bakal didaulat untuk bertugas mengibarkan bendera merah putih saat pelaksaan upacara detik-detik Proklamasi tingkat Kabupaten Kutai Timur, 17 Agustus mendatang.

Setidaknya ada 100 siswa-siswi tingkat SMA yang akab berebut menjadi petugas Paskibraka tingkat kabupaten. Pembukaan seleksi tersebut dilakukan Wakil Bupati Kasmidi Bulang Senin (10/4/2017) lalu di Gedung Olahraga (GOR) Bulutangkis, komplek olahraga Kudungga, Sangatta Utara.

Dari 100 orang tersebut, untuk laki-laki 53 orang dan perempuan 47 orang. Sedangkan panitia seleksi adalah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Timur.

Wabup Kasmidi Bulang berpesan kepada calon peserta Paskibraka agar menjadikan kegiatan ini sebagai momen kebanggaan. Berikutnya sebagai generasi muda penerus bangsa, menurut Kasmidi semua peserta yang berkumpul merupakan putra dan putri terbaik Kutim.

“Ini bukan seleksi biasa, namun menjadi salah satu penyaringan calon peserta Paskibraka mewakili Kutim, yang mempunyai mental kuat dan pengetahuan lengkap,” tegas Wabup yang waktu itu didampingi Asisten Pem-Kesra Seskab Mugeni dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora Didi Herdiansyah.

Agenda seleksi Paskibraka ini menjadi salah satu kegiatan utama remaja untuk menghindari perilaku negative. Contohnya penyalahggunaan narkoba. Kasmidi tak lupa mengucapkan selamat berkompetisi kepada seluruh peserta seleksi. Dia berharap peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Sementara itu, Plt Kepala Dispora Didi Herdiasnyah melaporkan seleksi calon Paskibraka ini digelar selama tiga hari mulai Senin (10/4) dan berakhir Rabu (12/4). Syarat pertama masuk dalam seleksi tingkat kabupaten ini cukup ketat yaitu mempunyai tinggi badan putra minimal 168 Cm sedangkan putri 158 Cm. Belum pernah menjadi peserta Paskibraka tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, dan memiliki raport di atas nilai rata-rata kelas.

“Kecamatan Sangatta Utara mengirimkan wakilnya cukup banyak dengan jumlah 34 orang. Dengan rincian laki laki berjumlah 17 orang dan perempuan juga 17 orang. Seluruh kecamatan di Kutim turut mengirimkan para siswa-siswi terbaiknya minus Kecamatan Busang,” terangnya.

Didi menambahkan tim selesksi calon Paskibraka terdiri dari orang-orang yang sudah berkompeten dibidangnya. Meliputi tim pelatih gabungan berasal dari Kodim, Lanal, dan Polres Kutim, ada juga dari perwakilan Dispora Kutim dan unsur medis yaitu dari Dinas Kesehatan. Seluruh biaya dibebankan pada Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) Dispora tahun anggaran 2017. Nantinya dari 100 peserta seleksi Paskibraka hanya terpilih 36 orang yang lulus seleksi awal. Dari 36 ini secara regular juga mengikuti tahapan seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Kaltim dan Nasional.

(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA