1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Guru harus lebih professional, Pemkab dukung peningkatan kompetensi

“Pemkab akan alokasikan anggaran untuk peningkatan kualitas guru tahun 2017 mendatang," ujar Ismunandar.

Bupati Ismunandar saat bertemu dengan guru yang tergabung dalam IGI Kutim di rumah jabatan bupati kawasan Bukit Pelangi. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 08 Desember 2016 10:09

Merdeka.com, Kutai Timur - Memperingati hari ulang tahunnya ke-7, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kutim melakukan kunjungan ke rumah jabatan Bupati Kutim di kawasan Bukit Pelangi. Salah satu tujuannya, untuk menjalin silaturahmi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati Ismunandar yang memberikan apresiasi terhadap guru di Kutai Timur.

Bupati Kutim Ismunandar didampingi istrinya Ny Encek UR Firgasih menyambut baik kunjungan pengurus IGI Kutim ke kediamannya tersebut. Orang nomor satu di Kutim ini memberikan apresiasi terhadap guru, lantaran gurulah negeri ini menjadi lebih baik dan maju.

"Kami Pemkab Kutim akan terus meningkatkan kompetensi guru. Guru harus terlihat professional, karena (adanya) guru bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan ini saya (akan) alokasikan anggaran peningkatan kualitas guru, (tahun 2017) tidak ada masalah siap dicairkan," ujar Ismunandar di hadapan para guru.

Ismu mengaku sudah memberitahukan perihal alokasi anggaran dimaksud ke Sekretaris Kabupaten (Sekkab). Dia berharap para guru, terutama yang berstatus honorer di wilayah pedalaman, yang masih ditemui nasibnya bisa ikut sejahtera.

"Banyak tenaga honor guru yang di atas tiga tahun belum diangkat dan masih bekerja berdasarkan SK (surat keputusan) Kepala Sekolah. Lewat pertemuan di hadapan guru yang hadir, saya akan prioritaskan guru dengan pengabdian di atas tiga tahun harus sudah Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D)," tegasnya.

Sementara itu, Ketua IGI Kutim Aramsah mengatakan kunjungan bersilaturahmi dengan Bupati Kutim sekaligus menjelaskan kompetensi guru yang semuanya sudah berwawasan IT (Informasi Teknologi). Guru dalam hal ini sudah diajarkan membuat animasi dan merancang website sekolah.

"(Peningkatan kompetensi guru) ini menjadi tujuan, sesuai dengan visi misi arahan Bupati Ismunandar. Bersinergi dalam hal meningkatkan kemampuan guru sebagai sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk mengajar di kelas," jelas Aramsah.

Guru yang hadir bersilaturahmi dengan Bupati beserta isteri Ny Encek UR Firgasih adalah tenaga pengajar dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Teluk Lingga, Madrasah Nurul Hikmah, TK, SMP, dan SMA, SMK, YPSB dan lainnya.

Aramsah menambahkan tidak hanya ajang silaturahmi saja, kegiatan hari itu juga sekaligus bentuk penghargaan bupati kepada guru, pun sebaliknya. Dia mewakili lima ribuan guru di Kutim mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang telah memberikan apresiasi positif terhadap upaya peningkatan kualitas guru.

(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA