1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Alutsista TNI di PRK expo, jadi daya tarik masyarakat Sangatta

"Senjata yang dipamerkan ada yang dari Amerika, Rusia, namun yang lebih banyak dari indonesia yaitu produksi PINDAD,” kata Donny.

Dua orang wanita ini mencoba mengenakan pakaian rompi dan senjata, yang mendapat bimbingan petugas TNI AL di lokasi PRK Expo memperingati HUT Kutim ke-17. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 18 Oktober 2016 13:50

Merdeka.com, Kutai Timur - Pelaksanaan Pekan Raya Kutim (PRK) expo sudah berakhir Senin (17/10) sore. Namun banyak kenangan dirasakan masyarakat. Dari ribuan pengunjung ke lokasi expo, sebagian besar masyarakat ingin mengetahui berbagai hal yang disajikan selama expo berlangsung.

Bahkan ada beberapa stan pameran yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. PRK expo ini juga menjadi wisata keluarga bagi warga kota Sangatta dan sekitarnya, karena mampu memberikan hiburan tersendiri selama ini.

Salah satunya di stan pameran yang disajikan Makolanal Sangatta, yang menyajikan berbagai perlengkapan alutsista. Banyak warga ingin mengetahui, bahkan berani mencoba beberapa peralatan yang disajikan olah Lanal Sangatta tersebut.

Petugas yang menjaga stand juga dengan senyum dan ramah mempersilakan pengujung untuk mencobanya, dengan dibimbing petugas tersebut. Selain berfoto, ada juga warga yang mencoba mempraktekkan mengenakan rompi atau baju serta mengenakan senjata lengkap.

Bahkan warga rela mengantri untuk dapat mengabadikan momen tersebut. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun tidak mau kalah untuk berfoto juga melihat persenjataan yang dipamerkan dari sejumlah negara itu.

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Donny Soeharto melalui Serda Indra mengatakan, persenjataan yang dipajang berasal dari sejumlah negara terutama dalam negeri, semua dilakukan tidak lain untuk memperkenalkan TNI kepada warga.  

"Senjata yang dipamerkan ada yang dari Amerika, Rusia, namun yang lebih banyak dari Indonesia yaitu produksi PINDAD. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mengenal TNI khususnya Angkatan Laut kita," ujarnya.

Indra menambahkan, sejak pagi hingga malam hari stand Lanal cukup menarik perhatian pengunjung. "Dalam sehari tidak kurang sekitar 300 orang yang mengujungi stand kita. Harapannya semua ini menjadi acuan, gambar guna menambah semangat minat para muda mudi kita yang ingin menjadi Tentara Nasional Indonesia," harapnya

Adapun Alutista yang dipamerkan diantaranya produksi PT PINDAD Indonesia Senapan Serbu SS1 berkapasitas 30 peluru dengan jarak tembak 1500 m yang miliki kecepatan tembak 700 butir permenit. Kemudian ada juga Pistol G2 ELITE keluaran tahun 2012 berkaliber 9 milimeter berisikan 15 peluru dengan jarak tembak 25 meter. Selanjutnya Senapan SERBU AK-47 buatan Russia berkaliber 7.62 mm berkapasitas 30 peluru dengan jarak tembak 3000 m. Selain itu ada senapan Mesin Berat dengan panjang 1, 455 mm, jarak tembak 1400 Meter, tipe AN-M3 berkaliber 50 buatan Amerika ini berisikan 100 peluru.

(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
  2. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA