1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

75 peserta seleksi JPT wajib buat makalah dan mempresentasikannya

“Selamat mengerjakan makalah, saya minta materi dikerjakan dan ditelaah dengan baik,” kata Ismunandar.

peserta seleksi Jabatan Tinggi Pratama serius membuat makalah untuk dipresentasikan. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 02 Mei 2017 17:33

Merdeka.com, Kutai Timur - Sebanyak 75 peserta yang ikut seleksi Jabatan Tingi Pratama (JPT) untuk memperebutkan 15 eselon IIB, diwajibkan menuliskan makalah yang dipilih bupati Kutim Ismunandar. Kemudian mereka (peserta) juga wajib menyampaikan presentasi makalah yang ditulisnya tersebut dihadapan tim penguji.

Pelaksanaan pembuatan makalah tersebut, digelar Selasa (2/5) tadi siang yang disaksikan Bupati Ismunandar, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekretaris Kabupaten (Seskab) Irawansyah yang juga ketua panitia seleksi, Asisten Pemkesra Mugeni serta tim penguji. Kegiatan yang berlangsung di Ruang meranti, kantr bupati itu, berjalan lancar dan tertib.

Yang menghebohkan, saat acara pembukaan untuk penulisan makalah bagi peserta seleksi JPT tersebut, dikejutkan tamu khusus yakni Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo yang sering disebut Pasha Ungu. Kehadiran Wakil Walikota Palu cukup membuat heboh sejumlah pegawai Setkab Kutim, terutama kaum hawa yang ingin berfoto bersama.

Bupati Kutim Ismunandar didaulat mengambil satu berkas judul sebagai bahan penulisan dari tiga judul yang dibuat tim penguji berasal dari akademisi perguruan tinggi negeri yang ditunjuk resmi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta sesuai dengan surat keptusan (SK) nomor 3113 tentang JPT Pratama. Dalam kesempatan ini Bupati Ismunandar memonitoring jalannya seleksi didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekda Kutim yang juga Ketua Pansel JPT Pratama Irawansyah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mugeni, dan tamu spesial Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo alias Pasha Ungu.

Ismu sapaan akrabnya mengutarakan setelah ujian penulisan makalah ini dilanjutkan dengan presentasi dan wawancara makalah hasil karya peserta. Tahapan terakhir pengumuman tiga calon terbaik diusulkan kepada pejabat Pembina kepegawaian pada Kamis (11/5) mendatang. Adapun tim penguji pansel KASN terdiri dari tiga orang akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) seperti Prof  Juraemi, Rusdianysah, dan Eni Rohaeda.

“Selamat mengerjakan makalah, saya minta materi dikerjakan dan ditelaah dengan baik.Tema ujian yaitu peran organisasi perangkat daerah (OPD) dalam mendukung percepatan implementasi misi dan visi Bupati Kutim menuju Gerbang Madu”. Saya pilih yang mudah saja dari tiga judul yang diberikan tim penguji,” tutur Ismu.

Ismu menambahkan dari tiga calon peserta terbaik sesuai kompetensi mengatasi permasalahan dan kinerja OPD dalam membangun Kutim. Mereka memiliki ide-ide segar dangan gasan mendukung program Pemkab Kutim.

Sementara itu, Ketua Pansel JPT Pratama Irawansyah mengatakan kegiatan ini sebagai lanjutan seleksi tahap pertama ke tahap kedua diikuti 75 peserta sebelumnya totalnya ada 79 peserta namun 4 tersisih karena belum melengkapi berkas. Seleksi ini ditujukan dalam mengisi kekosongan JPT pratama dan adanya pejabat memasuki purna tugas 2017 serta pelaksanaan reformasi birokrasi guna mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) professional dan berintegritas.

“Tidak hanya tiga terbaik dalam seleksi ini, ada pun 15 jabatan pratama lowong diperebutkan. Nantinya hasil karya makalah dinilai langsung oleh Bupati Ismunandar siapakah yang akan duduk menjadi pejabat eselon II b. Peserta akan mempresentasikan makalah pada Rabu (3/5) sampai Sabtu (6/5) disaksikan tim penguji akademisi,” tutupnya.

(AJ/AJ)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA