1. KUTAI TIMUR
  2. SENI BUDAYA

Sisihkan 70 peserta, MBGNC dinobatkan sebagai juara umum BMBC 2016

“Lelah yang dirasakan tidak sia-sia, lantaran perjuangan yang dilakukan membuahkan hasil yang terbaik, dengan meraih juara umum".

Marching Band Gita Naranta Cemerlang (MBGNC) Kutim dinobatkan sebagai juara umum pada lomba marching band di Bandung, setelah menyisihkan 70 peserta lain dari Indonesia. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 07 November 2016 16:04

Merdeka.com, Kutai Timur - Suasana di Gedung Olahraga (GOR) Pajajaran Bandung, Minggu (6/11) malam menjadi saksi bisu bagi Marching Band Gita Naranta Cemerlang (MBGNC) Kutim, yang mampu menampilkan permainan terbaiknya. Begitu juga ratusan penonton dan dewan juri yang ikut menetukan bagi MBGNC menjadi juara umum.

Dari 71 peserta yang ikut lomba dengan berbagai kelas yang dipertandingkan, MBGNC mampu menyisihkan 70 peserta lainnya. Sehingga marching band binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim ini berhak atas piala bergilir dari Ketua Umum DPP KNPI dan Piala Walikota Bandung, pada even Bandung Marching Band Championship (BMBC) 2016 ini.

Terlebih atas kunjungan Wakil Bupati Kasmidi Bulang dan istri Ny Tirah Satriani, mampu memberikan suntikan semangat bagi personel MBGNC untuk tampil lebih maksimal. Meski sudah cukup lelah saat ikut lomba parade marching band pada pagi harinya, namun saat tampil di final malamnya tetap merasa fit untuk menunjukkan performance yang terbaiknya di hadapan dewan juri dan ratusan penonton.

Hal ini tidak sia-sia, lantaran perjuangan yang dilakukan seluruh personel, pelatih dan manajer membuahkan hasil yang terbaik. Lelah yang dirasakan selama ini, terbayar saat mengetahui bahwa  MB GNC mampu meraih juara umum. Dengan keberhasilannya itu,  mampu mengharumkan nama Kabupaten Kutim di kancah nasional melalui lomba Grand Prix Marching Band Seri VII, di GOR Pajajaran Bandung.

Kepastian menjadi juara umum diperoleh setelah MB GNC berhasil mengumpulkan beberapa gelar juara. Antara lain juara 2 best field music display divisi open, juara 1 best field percussion display divisi open, juara 1 best music display devisi open, serta juara 2 best visual display devisi open. Dengan begitu, MB GNC lantas dinobatkan sebagai juara 1 kategori display devisi open, serta juara 2 best colour guard display devisi open. Display devisi open menjadi penentu bagi MB GNC menjadi juara umum. Sebab di kategori sebelumnya, meski tampil menghibur dan membuat kagum masyarakat dan penonton di Bandung, MB GNC hanya bisa bertengger di peringkat 9 Brass Ensamble, juara 3 di street parade divisi open.

Sebagai juara umum, MB GNC berhak atas piala bergilir Ketua Umum DPP KNPI dan piala bergilir Walikota Bandung untuk event BMBC 2016. Tropi dan uang pembinaan serta selempang juara diserahkan oleh Asisten 1 Pemkot Bandung Priana Wira Saputra disaksikan ribuan peserta BMBC dan penonton lainnya.
Kehadiran Wakil Bupati Kasmidi Bulang dan Isteri Ny Tirah Satriani, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kabupaten Mugeni, Kepala Disdikbud Iman Hidayat, Mantan Kepala Satpol PP Kutim yang juga Pengurus Perbakin Kaltim Sarwono Hidayat menjadi penyemangat luar biasa sehingga MB GNC bisa tampil maksimal. Dengan gelar juara umum, artinya MB GNC berhasil menyisihkan 70 peserta lain dari total 71 marching band yang ikut berlomba.

Keberhasilan MB GNC di kategori penentu tak lepas dari latihan rutin selama di Bandung, persiapan yang matang serta konsistensi dan kekompakan yang diperlihatkan selama penampilan malam itu.

(AJ/AJ)
  1. Seni dan Budaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA