1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Tahapan Pilkades terus berjalan, dananya segera ditransfer minggu ini

“Saya minta ika ada kendala di lapangan segera ditindak lanjuti agar tahapan pilkades ini tidak terhambat,” kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar menjelaskan mengenai tahapan pelaksanaan Pilkasdes serentak kepada awak media, usai rapat koordinasi kemarin di ruang meranti, kantor bupati. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 08 November 2016 05:11

Merdeka.com, Kutai Timur - Rencana pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang dijadwalkan 9 Desember mendatang, mendapat perhatian serius Bupati Kutim Ismunandar. Orang nomor satu di Kutim ini terus melakukan pemantauan tahapan pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

Bahkan saat pelaksanaan sosialisasi Perda mengenai Pilkades serentak ini, mantan Sekkab Kutim ini juga mengingatkan kepada semua pihak agar tetap berhati-hati. Dia juga berbesan calon yang maju hendaknya benar-benar yang menguasai daerahnya serta memiliki ketokohan, sehingga saat terpilih nanti mamu bekerja dengan baik serta mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat.

Ketika digelar rapat koordinasi Senin (7/11) kemarin, Ismunandar kembali mengingatkan kepada semua pihak mengenai pelaksanaan Pilkades serentak di seluruh Kutim yang diikuti 78 desa tersebut. Terlebih saat ini sudah memasuki tahap validasi daftar calon pemilih sementara dan menuju tahap daftar pemilih tetap.

“Saya minta ika ada kendala di lapangan segera ditindak lanjuti agar tahapan pilkades ini tidak terhambat. Secepatnya dikoordinasikan dengan panitia desa setempat dan jangan sampai dibiarkan berlarut-larut,” pinta Bupati Ismunandar

Menurut rencana, Selasa (8/11) hari ini, tahapannya adalah pengumuman calon kepala desa hingga satu minggu ke depan. Jika tidak ada kendala atau laporan dari masyarakat mengenai calon yang ada, selanjutnya ditetapkan sebagai calon kades.

Sekretaris BPMPD Bambang Tri Isnanto mengatakan sampai saat ini tahapan Pilkades serentak secara signifikan belum ada kendala. Tinjauan petugas BPMPD di lapangan, panitia sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat. ”Untuk honor mungkin bisa dibagikan usai pilkades, tetapi mobilisasi dan validasi data petugas ke rumah-rumah pasti butuh, paling tidak biaya bahan bakar. ”Jadi kami masih menunggu transfer dana dari Pemkab Kutim ke rekening panitia desa,” ucap Bambang.

Menanggapai hal tersebut Sekretaris Kabupaten Irawansyah menjanjikan bahwa dana Pilkades sudah bisa ditransfer dalam minggu ini sehingga semua tahapan bisa berjalan lancar. ”Memang kita sudah meminta persetujuan DPRD Kutim untuk mendahulukan. Sebab, anggaran sudah diketok dananya sudah siap di Bagian Keuangan. Kalau ada keterlambatan kita cek di mana sangkutnya. Paling lambat dalam minggu ini sudah bisa ditransfer,” ujar Irawansyah.


(AJ/AJ)
  1. Info Kutai Timur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA