1. KUTAI TIMUR
  2. PARIWISATA

Bupati ajak SKPD kunjungi goa karst, jangan hanya kejar polling SMS

“Jangan hanya promosi melulu, tapi belum pernah melihat bagaimana obyek wisata goa telapak tangan tersebut,” kata Ismunandar.

Pegunungan karst Kutim yang cuku indah dan menarik untuk dijadikan obyek wisata, bahkan bupati Ismunandar berencana mengunjungi lokasi tersebut. ©2016 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 05 September 2017 13:31

Merdeka.com, Kutai Timur - Bupati Kutim Ismunandar mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk melihat langsung kondisi goa karst yang selama ini terus dipromosikan. Baik melalui ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) maupun lainya.

“Kita harus bisa melihat langsung ke lokasi, jangan hanya promosi melulu, tapi belum pernah melihat bagaimana obyek wisata goa telapak tangan tersebut. Jangan hanya mengejar untuk mendapat polling SMS, namun kita juga harus mengetahui kondisi lapangan,” kata Bupati Ismunandar.

Pernyataan itu disampaikan orang nomor satu di Kutim ini, ketika memimpin rapat koordinasi yang digelar setiap pekan pada Senin (4/9) kemarin. Dalam waktu dekat, dia akan mengajak Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) untuk  melakukan perjalanan melihat langsung goa telapak tangan tersebut.

Langkah ini dimaksudkan, agar para kepala SKPD dan instansi terkait mengetahui secara benar kondisi goa telapak tangan yang saat ini ikut ajang API 2017 tersebut. Kunjungan langsung ke lokasi goa telapak tangan tersebut menurut Ismu, panggilan akrab mantan Seskab Kutim ini, sebagai rasa cintanya terhadap pengembangan obyek wisata petualangan tersebut.

“Kalau kita sudah ke sana (goa telapak tangan,red) dan ditanya orang luar kita bisa menjelaskan dengan benar dan detil. Bagaimana keindahannya dan sebagainya. Sudah sewajarnya kita sebagai warga Kutim harus mengetahui obyek wisata yang kita dengungkan dan banggakan bersama,” kata mantan Kepala Dinas PU Kutim ini.

Menurut Ismu, untuk menuju ke lokasi goa karst, pihaknya akan mengajak Dinas Pariwisata (Dispar) dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kutim. Dalam perjalanan menuju ke sana (goa karst), bisa melalui jalur darat atau sungai.

Pihaknya  menegaskan jangan berpikir uang namun lebih mengutamakan pergerakan kerjasama inisiasi swadaya berkunjung ke sana. Untuk lebih gaung dan semarak kunjungan itu nanti, Ismu ingin mengundang perwakilan media elektronik dan cetak nasional untuk meliput dalam kunjungan tersebut.

“Kita ajak wartawan untuk sama-samama lihat goa telapak tangan guna menunjang promosi dan menarik wisatawan,” kata Ismunandar, sambil mengatakan agar waktu dan harinya ditentukan.

Kemudian menurut Ismu, bisa mencontoh konsep program wisata yang menghadirkan artis-artis untuk dijadikan sebagai duta wisata. Jika teralisasi, bukan tidak mungkin justru menjadi magnet bagus iklim pariwisata Kutim ke depan.

Terpisah, Ketua BPPD Rustam Effendi Lubis mengapresiasi ide Bupati Ismunandar yang akan turun langsung ke goa karst serta mengajak wartawan maupun artis sebagai duat wisata. Timnya siap bekerjasama dengan Dinas Pariwisata menyambut kegiatan ini dengan perencanaan-perencanaan matang.

Sejauh ini pihaknya sudah bekerja maksimal bersama rekan-rekan relawan mengumpulkan polling SMS untuk memenangkan goa telapak tangan, pada ajang API 2017. Menurutnya jika ada gagasan dari Bupati Ismunandar untuk melihat langsung goa telapak tangan dia sangat setuju.

“Kami akan berdiskusi dengan Dinas Pariwisata, untuk menentukan waktu dan momen tepat agar bisa berkunjung ke pegunungan karst goa telapak tangan,” kata Lubis.



(AJ/AJ)
  1. Wisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA