1. KUTAI TIMUR
  2. PARIWISATA

Mengajari anak agar mencintai alam di BPPUTK

"Di jamin anak-anak Anda akan senang menikmati semua kegiatan-kegiatan tersebut," kata Nor Hasanah.

Kawasan Konservasi Dan Edukasi BPPUTK Jadi Referensi Wisata Alam Dan Pengetahuan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Senin, 01 Agustus 2016 08:35

Merdeka.com, Kutai Timur - Balai Pelatihan Dan Percontohan Usaha Tani Konservasi (BPPUTK) di Jalan Poros Sangatta-Bontang, Sangatta Selatan, Kutai Timur, menggelar outbound dan pengenalan lingkungan kepada anak-anak.

Anak-anak tersebut dikenalkan tentang sawah, kolam ikan, kandang dan cara memelihara ternak, dikenalkan pada lahan-lahan yang ditanami tumbuhan khas Kalimantan dan lain-lain.

Adapun untuk outbound, mereka diajari pelbagai permainan ketangkasan ringan, seperti flying fox dan kerja sama tim bersama teman-temannya. Selain bisa lebih dekat dengan alam, anak-anak ini juga diharapkan mendapatkan ilmu tentang bercocok tanam dan berternak.

"Di jamin anak-anak Anda akan senang menikmati semua kegiatan-kegiatan tersebut," kata Nor Hasanah, saat menemani anaknya dari TK ABA 2 berkunjung ke BPPUTK, beberapa waktu lalu.

Untuk menuju tempat ini, Nor melanjutkan, dari arah Sangatta menuju Bontang, dari Jembatan Pinang Anda belok kiri. Tidak jauh dari sanalah lokasi BPPPUTK ini. Para orang tua harus mencoba membawa anak-anak ke sana.

Ana, demikian Nor Hasanah akrab disapa, menjelaskan lokasi tersebut memiliki kualitas udara sejuk dan segar. Lokasi strategis juga memberi pengetahuan tentang bagaimana alam ini harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Di sana anak-anak aka diberi pengalaman memberi makan sapi, kambing, menanam padi, menanam sawi sampai menangkap bebek, secara langsung dengan cara yang benar. Menangkap ikan dan mengenal berbagai jenis tanaman buah dan pepohonan.

Tidak hanya itu, biasanya siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dan murid SD juga dapat merasakan sensasi menaiki kuda secara bergantian. Memang, BPPUTK di desain sebagai tempat pelestarian plasma nutfah dan pendidikan lingkungan.

BPPUTK merupakan sebuah lembaga dampingan PT Kaltim Prima Coal yang bertujuan untuk menjadi pusat pembelajaran kearifan bagi usaha tani dan lingkungan yang berlokasi berdekatan dengan Taman Nasional Kutai (TNK).

Lokasi tepatnya di Kecamatan Sangatta Selatan. BPPUTK memiliki nilai strategi sebagai tempat pembelajaran dan percontohan konservasi lingkungan. Alasannya, tempat ini memiliki potensi dan memiliki kekayaan alam melimpah dengan keanekaragaman flora dan faunanya.

BPPUTK memiliki luas kurang lebih 4 hektare yang terdiri kebun demo-plot buah local, demo-plot persawahan organik dan tamanam semusim, kolam percontohan budi daya perikanan, tanaman tahunan, dan perternakan.

Didirikan pada akhir 1998, tempat ini awalnya bernama Balai Percontohan Usaha Tani dan Usaha Kecil. Pada 2004 namanya diubah menjadi BPPUTK.

(MT/MT)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA