1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Pramuka Kutim wakili Indonesia ikut jambore internasional di Ingggris

“Ini suatu kebanggaan bagi kita, terutama Kutim dapat memberangkatkan adik-adik Pramuka,” kata Ismunandar.

Bupati Kutim Ismunandar didampingi Ketua Kwarcab Kasmidi Bulang memberikan ucapan selamat kepada anggota pramuka yang akan bertolak ke Inggris mengikuti jambore internasional di London. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 25 Juli 2017 07:28

Merdeka.com, Kutai Timur - Ini merupakan kebanggaan tersendiri. Sebab, 13 anggota pramuka penggalang Kutim didampingi 5 pembina mewakili Indonesia, mengikuti jambore internasional di London, Inggris. Mereka akan bergabung dengan 1000 anggota pramuka seluruh dunia.

Pelepasan anggota pramuka yang akan bertolak ke luar negeri itu, dilakukan Bupati Kutim Ismunandar di halaman kantor bupati, Jumat (22/7) pekan lalu. Hadir pada acara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kasmidi Bulang yang juga wakil bupati Kutim, sejumlah pejabat dan pengurus Pramuka serta anggota pramuka lainnya.

Jambore itu digelar pada 26 juli hingga 3 Agustus. Selama berada di negeri kerjaan tersebut, anggota pramuka penggalang Kutim akan mengikuti berbagai agenda. Antara lain, pertukaran budaya, belajar, perdamaian dan persahabatan.

Sebelum  melepas Bupati Kutim Ismunandar berpesan kepada seluruh peserta Jambore dari Kwarcab Kutim untuk bisa menjaga nama baik serta memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata Kabupaten ini.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita, terutama Kutim dapat memberangkatkan adik-adik Pramuka. Karena ini merupakan bagian dari upaya kita mendorong agar anak-anak juga punya kesempatan ikut di event internasional,” kata Ismu, panggilan akrab mantan Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutim ini.

Kepada pramuka lain yang belum mendapatkan kesempatan sekiranya dapat menjadikan momen ini sebagai motivasi agar lebih berkarya. Selanjutnya belajar dan berorganisasi di kepramukaan. Bupati mengatakan apabila pramuka berprestasi, pasti akan ada apresiasinya. Sebagai pengingat, karena Kutim menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang mengirimkan pramukanya ke London, Ismu meminta peserta dari Kwarcab Kutim mendalami seluruh peta kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Meraoke. Sehingga bisa memberikan informasi tentang kekayaan budaya nusantara kepada peserta jambore dari negara lain, khususnya yang belum begitu banyak tahu tentang keistimewaan Indonesia.

“Terkadang (warga) negara lain tahunya Indonesia itu adalah Bali saja. Selain itu kita harus jelaskan posisi geografis Sangatta itu ada di mana, termasuk (kawasan karst) yang masuk di ajang Pesona Indonesia Sangkulirang Rock Arts, agar dunia luar lebih mengetahui tentang Kutim,“ harapnya.

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Kutim Kasmidi Bulang yang juga Wakil Bupati Kutim selain menyampaikan bahwa Kutim menjadi satu-satunya duta Indonesia di event ini, juga menyebut bahwa partisipasi Kutim kali ini merupakan kebanggaan. Karena beberapa kali event internasional, Kutim selalu dipercaya mewakili Indonesia.

“Adik-adik kita ini akan mengikuti beberapa kegiatan. Diantaranya adalah budaya, yang kemarin sudah dilatih oleh beberapa kakak-kakak. Akan memperkenalkan budaya Kabupaten Kutim. Kami juga berterimakasih banyak kepada para orang tua yang telah memberikan ijin untuk anaknya mengembangkan potensi diri,” ucapnya.

Kasmidi berharap adik-adik pramuka bisa menjadi duta Kutim, sekaligus Kaltim dan bahkan Indonesia. Diharapkan momentum ini bisa membanggakan para pramuka, keluarga, juga pihak sekolah. Setelah kembali ke tanah air, Kasmidi berharap peserta jambore London bisa membagikan pengalaman dan ilmu yang didapat kepada pramuka lain di Kutim.

Pramuka yang berangkat sudah melalui seleksi dan tes serta merupakan pilihan yang dipersiapkan oleh Kwarcab Kutim. Perwakilan dari beberapa kecamatan seluruh Kutim dan bukan terpusat dari Kecamatan Sangatta Utara saja. Jambore internasional ini bertujuan sebagai ajang pertukaran budaya, belajar, berpetualang dan bersahabat. Sesuai dengan tema yakni menemukan "Planet Bumi" di Jambore Internasional Pramuka 2017.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA