1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Pelantikan pengurus Partai Golkar Kutai Timur di ruang terbuka

"Saya terkesan dengan bapak Syaukani, dahulu sebagai orang yang disegani di tubuh Golkar, beliau selalu welcome dan baik,” kata Ismunandar.

Ketua DPD Golkar Kaltim Rita Widyasari ketika melantik Ketua DPD Golkar Kutim Kasmidi Bulang dan pengurus lainnya di ruang terbuka yang 'dikawal' ribuan kadernya. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 30 Januari 2017 05:04

Merdeka.com, Kutai Timur -
Suasana di Taman Bersemi, Sangatta Utara, pada Sabtu (28/1/2017) lalu tapak berbeda dari biasanya. Ribuan  warga berkumpul dan umbul-umbul berwarna kuning mendominasi kawasan tersebut, lantaran sedang ada pelantikan pengurus Partai Golkar Kutim di halaman terbuka. Prosesi kali ini tak seperti biasa yang digelar di dalam gedung mewah.

Prosesi pelantikan pengurus Partai Golkar yang biasanya digelar di dalam gedung mewah, kali ini tampak berbeda. Justru pelantikan dilakukan di ruang terbuka, yakni lapangan Eks STQ atau taman bersemi dengan ‘dikawal’ ribuan kader dan simpatisan partai berlambang pohon beringin tersebut.

Ketua DPD Partai Golkar Kaltim Rita Widyasari membacakan langsung surat keputusan partai Golkar di depan panggung pesta rakyat yang dihadiri ribuan undangan warga kota Sangatta dan sekitarnya. Hari itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang dan Sekretaris Marsidik beserta 165 pengurus resmi dilantik oleh Ketua Golkar Kaltim Rita Widyasari.

Sebelumnya Rita Widyasari disambut dengan upacara ritual adat setempat dengan naik di atas buah kelapa didampingi Bupati Ismunandar dan Ketua DPRD Mahyunadi salah satu kader sukses Golkar. Tidak hanya melantik kepengurusan DPD II, ada juga pelantikan pengurus organisasi sayap partai berlangsung dalam satu rangkaian kegiatan di antaranya, Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Kutim, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), dan organisasi yang didirikan yakni Pengajuan Al-Hidayah, serta Himpunan Wanita Karya (HWK). Pelantikan organisasi sayap ini dipimpin langsung oleh ketua tingkat kabupaten/kota masing-masing organisasi.

Bupati Ismunandar salam sambutannya mengatakan jika dirinya menghormati Golkar sebagai partai besar yang diisi oleh generasi mumpuni contohnya saja Kasmidi Bulang dan pengurus lainnya yang masih memiliki usia muda. Namun orang nomor satu di Pemkab Kutim itu juga memberikan apresiasi di dalam struktur pengurus berlambang pohon beringin ini diisi oleh orang yang berusia tua namun semangatnya masih muda. Memori Ismu langsung mengingat mendiang Syaukani mantan Bupati Kukar yang juga ayahanda Rita Widyasari.

"Saya terkesan dengan bapak Syaukani, dahulu sebagai orang yang disegani di tubuh Golkar, beliau selalu welcome dan baik. Ketika ada tamu datang larut malam, selalu menerima dan tidak menolak. Akhirnya saya praktekan saat menjabat sebagai bupati sekarang menjadi contoh kepemimpinan sosok Syaukani. Intinya membuat senang orang ketika warganya bertemu dengan kepala daerah," tegasnya.

Ismu menambahkan cukup bangga dengan Rita Widyasari yang membentuk organisasi IIPG dimana tujuan kepengurusan istri-istri ini untuk memompa dan mendukung peran suami lebih giat dalam kegiatan Golkar.

Ketua DPD II Golkar Kutim Kasmidi Bulang mengatakan ketika menang pada pemilu legislatif 2014 sudah menempatkan terpilihnya Ketua DPRD Kutim menjadi kesuksesan Golkar. Wakil Bupati itupun siap bergerak cepat peran Golkar dalam membackup program pemerintah. "Jangan terpecah belah karena pilkada, mari bersama-sama bersatu. Banyaknya wajah baru di kepengurusan tidak perlu kecewa karena ini sudah menjadi pilihan rakyat. Untuk generasi tokoh orang tua dengan ini Golkar juga memberikan penghargaan dalam pembinaan. Target utama mendukung ibu Rita Widyasari dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, Kutim jadi lumbung suara," katanya.

Sementara itu Ketua DPD I Golkar Provinsi Kaltim Rita Widyasari berterima kasih untuk panitia yang sudah membuat panggung megah selaku tuan rumah. Ini penghormatan dihargai mudah-mudahan kemenangan untuk Golkar.  Apresiasi sponsor juga diberikan jempol sebagai bentuk kebersamaan membangun Golkar. "Mengakar solid dan bermartabat hingga demokratis. Saya minta Ketua DPD Kutim menumbuhkan sistem kepengurusan yang baik, sehat dan dinamis. Kutim mewujudkan kaderisasi jenjang harmonis menuju lembaga profesional," tegasnya.

Rita menambahkan pola hubungan kerjasama antar kader dalam pembangunan Kutim caranya yaitu sama-sama menyusun strategi kehumasan. Merangkul anak muda berteman dengan dunia maya, Golkar melakukan modernisasi menginginkan anak-anak muda masuk Golkar. Ada 7 kursi dari 40 kursi diperebutkan dan  dimungkinkan bisa 14 kursi. Dia minta diisi kader Golkar dari 265.246 daftar pemilih tetap (DPT) se-Kutim dengan TPS berjumlah 679.

Untuk diketahui kegiatan ini juga dimeriahkan dengan penampilan artis dangdut ibu kota yang tengah naik daun yaitu Siti Badriah dilanjutkan dengan acara puncak yaitu jalan sehat diikuti puluhan ribu warga yang sudah terdata dengan hadiah utama satu unit mobil Daihatsu Ayla. Titik start di Taman Bersemi kemudian ke Jalan Karya Etam, Jalan Yos Sudarso II, Simpang empat Patung Singa, dan menuju Jalan Diponegoro. Finish kembali di Jalan Cendana, Taman Bersemi.


(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA