1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

23 guru, kepsek dan pengawas dinobatkan berprestasi tingkat kabupaten

“Untuk penilaian dan pelaksanaan lomba agar lebih independen, kami menghadirkan praktisi dari Universitas Mulawarman,” kata Roma.

Para guru se-Kutim saat mengikuti acara seminar dan lokakarya mengenai pendidikan di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 15 April 2017 10:25

Merdeka.com, Kutai Timur - Setelah melalui proses seleksi yang ketat, diperoleh perwakilan guru berprestasi, kepala sekolah dan pengawas berprestasi tingkat TK, SD dan SMP se- Kutai Timur sebanyak 23 orang.  Hasil seleksi itu, akan diikutsertakan lomba yang sama ke tingkat provinsi Kaltim.

Pelaksanaan lomba guru, pengawas dan kepala sekolah berprestasi itu, diikuti 56 peserta se-Kutai Timur. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang para guru, kepala sekolah dan pengawas untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan menuju prestasi yang gemilang.

“Untuk penilaian dan pelaksanaan lomba agar lebih independen, kami menghadirkan praktisi dari Universitas Mulawarman. Sehingga penilaiannya berlangsung fair dan jujur, sehingga peserta yang menang benar-benar berprestasi di bidangnya masing-masing,” kata Roma Malau.

Dia berharap, dengan menghadirkan juri dari luar, juga memberikan motivasi bagi peserta untuk ikut lomba yang lebih baik di tingkat provinsi nantinya. Pihaknya juga menginginkan, agar bagi yang menang tetap memperoleh bimbingan dari Unmul, untuk menghadapi lomba di tingkat provinsi nantinya.

Pelaksanaan seleksi tingkat kabupaten sudah digelar sejak 10 hingga 13 April lalu di hotel Royal Victoria, Sangatta Utara. Lomba ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diikuti para perwakilan dari sekolah se-Kutim dan selanjutnya akan diikutkan lomba yang sama tingkat provinsi.

Roma berharap, bagi yang meraih prestasi ini terus berjuang saat lomba di tingkat provinsi nanti, agar bisa mewakili Kaltim di tingkat nasional untuk lomba yang sama. Karena kompetisinya cukup ketat, para juara tingkat kabupaten diminta lebih giat lagi dalam mempersiapkan lomba nantinya.

"Kita ingin yang lolos ke tingkat provinsi benar-benar memiliki kualitas dan kemampuan, sehingga bisa lolos mewakili Kaltim ke tingkat Nasional. Dan kita berharap ada perwakilan kita mampu membawa dan mengharumkan nama Kutai Timur di ajang lomba di tingkat Nasional," kata Roma.

Sebagai informasi, materi seleksi dalam pemilihan GTK berprestasi 2017 Kutai Timur meliputi, dokumen fortopolio lima tahun terakhir, penilaian kinerja guru untuk satu tahun terakhir, tes tertulis yang terdiri atas tes penguasaan kompetensi profesional dan wawasan kependidikan, lalu penilaian tindakan kelas dan artikel ilmiah serta paparan artikel, dan sesi tanya jawab.

Mengenai pemenang lomba tersebut adalah, untuk guru TK, juara pertama  Sri Asong Sundari Rini,  dari TK Pembina Kecamatan Sangkulirang. Juara kedua Siti Rokhayani, dari TK YPPSB Kecamatan Sangatta Utara. Dan, uara ketiga  Sukesi, dari TK Pembina Kecamatan Bengalon.

Untuk kepala TK, juara pertama Mudmainah, TK Pembina Kecamatan Kaubun, juara kedua Rohani, TK Pembina Kecamatan Sangkulirang dan juara ketiga Supriyati, TK Miftahul Jannah Kecamatan Sangatta Utara.

Sedangkan untuk guru SD berprestasi juara pertama Tri Agustin, SDN 002 Kecamatan Sangatta Utara, juara kedua Siti Akhlis Muafin, SDN 001 Kecamatan Sangatta Selatan dan juara ketiga Sismanto, SD YPPSB 3  Kecamatan Sangatta Utara.

Lomba kepala SD berprestasi, juara pertama Marsono, SD YPPSB 3 Kecamatan Sangatta Utara, juara kedua Ismullah Al Azam, SDN 001 Sangatta Utara dan juara ketiga Hairiah, SDN 007 Kecamatan Sangkulirang. Sedangkan untuk pengawas SD berprestasi, juara pertama Prihadi, juara kedua Jujuk Kurniadih dan juara ketiga Ismail Luat.

Lomba guru berprestasi tingkat SMP, juara pertama diraih Yolan Fitri Ariyani, SMPN 1 Kecamatan Sangatta Utara, juara kedua  Karinah SMPN 1 Kecamatan Sangatta Selatan, juara ketigA Teterius W Dolo, SMPN 1 Kecamatan Bengalon.

Untuk lomba kepala sekolah berprestasi tingkat SMP, juara pertama Mukhamat Romelan, SMPN 1 Kecamatan Kaliorang, juara kedua Sulartini, SMPN 1 Kecamatan Sangatta Selatan dan juara ketiga Rasyuni, SMPN 3 Kecamatan Bengalon. Sedangkan pengawas berprestasi tingkat SMP adalah, juara pertama Mujiono dan juara kedua Supriyono.


(AJ/AJ)
  1. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA