1. KUTAI TIMUR
  2. KOMUNITAS

Rapat Konsultasi, PKK bahas program kerja agar fokus dan tuntas

"Visi TP PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur,” kata Firgasih.

Bupati Ismunandar ketika membuka rapat konsultasi Tim Penggerak PKK Kutim yang diikuti pengurus PKK Kabupaten dan pengurus PKK tingkat kecamatan se-Kutim. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Selasa, 04 April 2017 15:37

Merdeka.com, Kutai Timur - Guna memantapkan program kerja di masing-masing Kelopok Kerja (Pokja) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutim, Selasa (4/4/2017) tadi menggelar rapat konsultasi. Kegiatan yang digelar di Gedung Wanita itu melibatkan 210 anggota TP PKK dari 18 kecamatan se-Kutim.

Rakon itu dibuka langsung Bupati Kutim Ismunandar. Hadir pada acara tersebut antara lain Sekretaris Kabupaten (Seskab) Irawansyah, dan sejumlah kepala OPD maupun undangan lainnya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan serta menyatukan persepsi atas program kerja TP PKK dalam pelaksanaannya menuju keluarga Indonesia sejahtera.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ismunandar mengatakan, rapat konsultasi ini sangat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan visi dan misi, program kerja TP PKK serta tujuan gerak PKK. Orang nomor satu di Kutim ini berharap rakon TP PKK yang dilaksanakan nantinya mampu melahirkan program, yang besinergi dengan program pembangunan pemerintah.

“Yaitu memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin,” jelas Ismu, sapaan akrab Bupati.

Ismu ingin pelaksanaan program disepakati tidak terkesan monoton, namun dipenuhi dengan banyak inovasi sehingga masyarakat lebih cepat tanggap dan merespon pembangunan. Selain itu dia meminta agar kader TP PKK terus meningkatkan peran serta aktif menyosialisasikan program. Terus melakukan pengawasan, sehingga tetap fokus dan tuntas melaksanaan program-program kerjanya.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kutim Ence UR Firgasih menjelaskan, untuk mendukung dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melaui peningkatan pelayanan, pemberdayaan serta partisipasi masyarakat, PKK sebagai gerakan pembangunan masyarakat mempunyai peranan serta peluang sangat besar dalam mengisi dan mewujudkannya.

"Visi TP PKK adalah terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Untuk mencapai hal itu gerakan PKK harus mewujudkan visi dan misi PKK yang di implementasikan dalam program PKK. Adapun kunci dari akselerasi program-program PKK yang implementatif, tentunya harus didukung oleh performa kelembagaan PKK yang solid dan berkemampuan," jelas Wakil Ketua DPRD Kutim ini.

Firga yang juga menjabat Bunda PAUD ini berharap rakon dapat dimaknai sebagai forum yang sarat makna. Bagi gerakan PKK pada masa yang akan datang. Menjadikan rakon sebagai titik tolak dimulainya era akselerasi program-program TP PKK. Seperti program prioritas dan program unggulan. Peserta juga dapat merumuskan strategi dan langkah-langkah tindak lanjut dalam bentuk rekomendasi maupun rencana kerja tahunan TP PKK. Sehingga dapat mencerminkan suatu siklus manajemen program dan kelembagaan yang hendaknya bisa dilakukan secara simultan. Berkesinambungan dan terus menerus di Kabupaten maupun di Kecamatan.

Untuk diketahui kegiatan Rakon TP PKK merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Kali ini Rakon TP PKK tingkat Kabupaten Kutim 2017 dilaksanakan selama dua hari 4-5 April 2017. Pembahasan program kerja TP PKK, dilakukan dibeberapa ruang rapat. Terbagi di beberapa instansi pemerintahan seperti Dinas Kesehatan, Badan Kesbangpol, Sekretariat TP PKK Kabupaten Kutim, Gedung Wanita Kabupaten Kutim dan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Usai pelaksanaan pembukaan rakon PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kabupaten Ence UR Firgasih didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tirah Satrianai melakukan penyerahan papan data, buku panduan PKK, serta bantuan bibit cabai sebanyak 2.500 pohon. Untuk seluruh kecamatan se-Kutim dan peresmian tanaman obat keluarga (Toga) di perkarangan Sekretariat PKK Kabupaten. Serta peninjauan pameran kerajinan tangan dan apangan dari TP PKK 18 Kecamatan.

(AJ/AJ)
  1. ORMAS
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA