1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

PKK tampilkan keterampilan batik dan promosikan PHBS di lokasi pameran

“Langkag ini untuk mendidik masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman yang bermanfaat,” kata Yuwana.

Minuman hangat dan buah segar disajikan secara gratis di stand PKK saat mengikuti Pekan Raya Kutim Expo memperingati HUT ke-18 Kutim. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Sabtu, 14 Oktober 2017 13:04

Merdeka.com, Kutai Timur - Dari ratusan stand pameran yang ada di arena Pekan Raya Kutim Expo (PRKE) 2018, salah satunya stand yang dikelola Tim Penggerak PKK Kutim. Banyak pengunjung yang singgah di lokasi tersebut, lantaran ada penampilan keterampilan membuat batik secara langsung.

Bukan itu saja. Stand yang dikelola PKK ini juga mempromosikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Keikutsertaan PKK dalan pameran ini, sebagai upaya memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kutim dan memberikan informasi kepada pengunjung bagaimana mengatur pola hidup sehat.

Selama expo berlangsung, pengunjung bisa melihat langsung cara membuat batik tulis yang dilakukan secara manual atau menggunakan canting yang diperagakan ibu Juwita. Wanita ini merupakan salah satu pengrajin batik yang ada di Kabupaten Kutim dan menjadi binaan PKK.

Yang menarik, stand ini juga menyediakan minuman sehat dan higienies yang diberikan gratis kepada pengunjung yang singgah. Minuman yang tersedia antara lain terbuat dari rempah dan bisa menghangatkan tubuh. Selain itu ada juga buah-buahan yang telah dipotong kecil-kecil seperti sate.

“Minuman itu terbuat dari rempah-rempah hasil kebun sendiri. Langkah ini untuk mendidik masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman yang bermanfaat. Seperti tanaman obat keluarga (Toga) dan sayuran yang bisa digunakan untuk keperluan keseharian,” kata dr Yuwana, salah seorang pengurus PKK Kutim.

Padas tan pameran PKK, juga menampilkan produk kerajinan dari UKM hasil binaan PKK selama ini. Produk ini sengaja ditampilkan untuk membantu mempromosikan hasil kerajinan masyarakat. Pihaknya mengajak kepada pengunjung dan masyarakat umumnya, untuk berlaku pola hidup bersih dan sehat.

Ketika acara pembukaan pameran beberapa waktu lalu, Bupati Kutim Ismunandar, Wabup Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Mahyunadi, Wakil Ketua DPRD Yulianus Palangiran, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta juga menyempatkan singgah di stand PKK, untuk menikmati buah dan minuman segar.

(AJ/AJ)
  1. HUT KUTAI TIMUR
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA