1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Masyarakat diimbau pasang bendera merah putih dan umbul-umbul

“Sudah sewajarnya kita sebagai warga masyarakat ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun ini,” kata Mugeni.

Suasana rapat persiapan HUT RI ke-72 yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Mugeni. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 31 Juli 2017 13:32

Merdeka.com, Kutai Timur - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 tahun 2017 ini, masyarakat diimbau untuk memasang bendera merah putih dan umbul-umbul. Demikian juga di kantor-kantor pemerintah maupun swasta, untuk memasang umbul-umbul agar terlihat meriah.

“Sudah sewajarnya kita sebagai warga masyarakat ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun ini. Setidaknya memasang bendera merah putih dan umbul-umbul untuk memeriahkan hari kemerdekaan kita sendiri. Kalau buka kita, siapa lagi,” kata Asisten Pemerintahan dan kesra Sekkab Kutim Mugeni.

Menurutnya, dibadingkan para pahlawan terdahulu yang berjuang melawan penjajah dengan cucurah darah dan tenaga, tentunya lebih berat perjuangannya dibanding sekarang ini. Untuk itu, pemerintah mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan tahun ini.

Dijelaskan, saat pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi yan digelar di halaman kantor bupati, juga akan dimeriahkan marching band Waditra Prima Sangatta SMP YPPSB, Sangatta.

Kemudian Mugeni mengtakan, imbauan memasang bendera dan umbul-umbul ini juga sudah ada edaran dari Sekretaris Negara yang menyebutkan bahwa bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan, untuk itu setiap kantor pemerintahan, sekolah, swasta, pertokoan bahkan di halaman rumah warga memasang bendera selama satu bulan penuh.

“Kita hiasi semua kota, kecamatan, dan desa dengan merah putih dan umbul umbul. Semua sekolah, instansi swasta, organisasi pemuda dan masyarakat harus semarak dengan warna merah putih,” pinta Mugeni.

Kepada pimpinan SKPD, perusahaan, perkantoran, pengusaha dan pertokoan agar maumemasang umbul umbul dengan panjang sekitar 6 meter agar seragam. Umbul-umbul dipasang di sepanjang jalan Yos Sudarso agar tampak meriah. Panitia HUT akan melakukan peninjauan  ke lapangan untuk pengecekan, jika ada masyarakat yang tidak memasang bendera dikarenakan tidak ada bendera akan diberi bendera.

Ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan dalam kegiatan HUT Kemerdekaan itu. Antara lain, pada 13 Agustus diadakan acara pawai pembangunan, start dari Taman Bersemi, kemudian Senin 14 Agustus peringatan hari pramuka di lapangan kantor Bupati. Setalah itu dilaksanakan gladi kotor upacara peringatan detik detik proklamasi.

Kemudian pada 15 Agustus dilaksanakan gladi bersih semua rangkaian kegiatan, Rabu 16 Agustus pukul 09.00 Wita pengukuhan paskibraka di ruang Meranti kantor Bupati, dilanjutkan bersama-sama mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI di ruang Tempudau. Malam harinya digelar Taptu atau pawai obor, serta apel kehormatan dan renungan suci yang di Pantai Aquatic, Tanjung Bara Sangatta.

Puncaknya pada Kamis 17 Agustus dilaksanakan  apel upacara peringatan detik-detik proklamasi pukul 10.00 Wita di lapangan kantor bupati. Peserta terdiri 7 kompi, antara lain dari TNI dan Polri satu kompi, Korpri, TK2D, Mahasiswa, Pelajar, Ormas, perwakilan dari perusahaan PT KPC dan Thiess serta Satpol  PP dan Linmas. Sedangkan di tribun kehormatan akan dihadiri undangan sekitar 1000 orang undangan dari berbagai elemen masyarakat.



(AJ/AJ)
  1. Pemerintahan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA