1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Jalan santa peringati Harling, peserta diminta jaga lingkungan

“Dengan berjalan kaki kita semua jadi sehat, namun jangan lupa untuk menjaga kebersihan,” kata Irawansyah.

Seskab Irawansyah menyerahkan hadiah kepada peserta jalan santai didampingi Kepala Badan Lingkungan Ence Rafiddin Rizal dan pejabat lainnya. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Kamis, 20 Juli 2017 15:44

Merdeka.com, Kutai Timur - Sehari sebelum dilaksanakan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (Harling) sedunia, panitia menggelar jalan santai yang dipusatkan di Polder, Sangatta Utara. Sejumlah hadiah disediakan bagi peserta yang beruntung lantaran diundi usai kegiatan tersebut.

Acara jalan santai yang diikuti ratusan masyarakat ini, seperti pejabat, pegawai, dan unsur TNI dan Polri serta masyarakat berlangsung cukup ramai. Selain jalan santai, peringatan Harling juga diisi dengan bakti sosial donor darah.

Kegiatan jalan santai  dilepas Sekertaris Kabupaten (Seskda) H Irawansyah, didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Syafruddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ence Achmad Rafiddin Rizal dan Camat Sangatta Utara Muhammad Basuni dan sejumlah pejabat lainnya.

Sebelum melepas peserta jalan santai, Seskab Irawansyah yang hadir mewakili Bupati Kutim mengajak masyarakat untuk memaknai Harling sebagai momentum pelestarian lingkungan dan peningkatan derajat kesehatan. Maka dari itu menurutnya berjajan kaki juga momen kegiatan yang menyehatkan.

“Dengan berjalan kaki kita semua jadi sehat, namun jangan lupa untuk mejaga kebersihan. Baik dilingkungan tempat tinggal maupun fasilitas umum. Termasuk di Polder (Sangatta) ini, karena merupakan salah satu fasilitas umum, sarana rekreasi keluarga yang baik. Apalagi posisinya dekat dengan permukiman,” jelas Irawansyah yang mantan Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag).

Kadis LH Ence Achmad Rafiddin Rizal dalam laporannya kepada Seskab mengatakan selain jalan santai yang menyediakan puluhan door prize, pihak panitia juga menggelar donor darah serta melakukan penanaman 300 bibit pohon trembesi di RSUD Kudungga Sangatta, SD, SMP dan SMA Sangatta Utara.

“Jalan santai dilaksanakan di Polder Sangatta, donor darah di Gedung Serbaguna Bukit Pelangi. Sedangkan penanaman pohon trembessi dilaksanakan di sekolah dan ruang terbuka yang ada di Kecamatan Sangatta Utara,” ungkap Ence Achmad Rafiddin Rizal.

Jalan santai dimulai sejak pukul 07.00 wita melewati rute keliling Polder sepanjang 1,7 kilometer. Untuk menyemarakkan kegiatan, pihak panitia telah menyiapkan berbagai doorprize menarik, yang kuponnya dibagikan serta diundi pada hari pelaksanaan. Dorprize yang diperebutkan yakni 2 unit motor dan 1 sepeda gunung serta hadiah lainnya.



(AJ/AJ)
  1. Lingkungan Hidup
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA