1. KUTAI TIMUR
  2. INFO KUTIM

Gedung Puskesmas baru, semangat pelayanan harus lebih baik lagi

“Saya minta perusahaan juga memiliki kepedulian dan membantu melengkapi fasilitas yang kurang,” kata Ismunandar.

Bupati Ismunandar menandatangani prasasti peresmian Puskesmas kecamatan Telen disaksikan Kadis Kesehatan dr Bahrani, Asisten Pemkesra Mugeni dan Wakil Ketua DPRD Hj Encek UR Firgasih. ©2017 Merdeka.com Reporter : Ardian Jonathan | Senin, 05 Juni 2017 11:26

Merdeka.com, Kutai Timur - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di kecamatan Telen, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), kini menempati gedung baru dan diresmikan Bupati Ismunandar awal bulan Mei lalu. Diharapkan, dengan gedung baru tersebut, semangat pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus menjadi lebih lagi ke depan.

“Fasilitas kesehatan ini bukan hanya masyarakat awam yang memanfaatkan. Tidak menutup kemungkinan karyawan perusahaan di sekitarnya nanti juga berobat ke sini (Puskesmas). Untuk itu, saya minta perusahaan juga memiliki kepedulian dan membantu melengkapi fasilitas yang kurang di Puskesmas ini,” pinta Bupati Ismunandar ketika meresmikan gedung tersebut.

Menurut Ismunandar, keberadaan gedung baru Puskesmas itu lebih representatif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kawasan kecamatan Telen. Ini merupakan kepedulian Pemkab Kutim, untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang kesehatan.

Peresmian dimeriahkan persembahan tari dari anak-anak TK Negeri Pembina Telen. Dalam peresmian ini hadir pula Wakil Ketua DPRD Kutim Hj Encek UR Firgasih, Camat Telen Edi Sopiansyah, Kepala Dinas Kesehatan dr Bahrani, Kepala UPT Puskesmas Telen dr Siswanto, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Pada kesempatan itu, mantan Sekretaris Kabupaten ini meminta kepada Kepala UPT Puskesmas dan jajarannya, agar fasilitas yang baru tersebut dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Dirawat dan dijaga melibatkan pihak ketiga (stakeholder).

“Karena bukan hanya masyarakat di Kecamatan Telen saja yang berobat, tetapi ada juga karyawan dari perusahaan terdekat akan menggunakan fasilitas ini,” kata Ismu.

Bupati tak lupa mengucapkan selamat atas fasilitas kesehatan yang baru tersebut. Mengucapkan selama bekerja pada Pimpinan Puskesmas dan seluruh staf. Dia berharap dengan adanya fasilitas ini, kinerja serta pelayanan terhadap masyarakat lebih baik ke depan.

Ismunandar berharap kekurangan fasilitas kesehatan dapat dilengkapi oleh stakeholder yakni perusahaan swasta melalui program Corporate Social Responcibility (CSR). Tentunya tetap dengan pengawasan Pemerintah Kabupaten.

“Saya juga akan berkomunikasi dengan stakeholder agar penggunaan dana CSR dapat dimanfaatkan untuk layanan kesehatan,” sebut Ismu.

Kepala Dinas Kesehatan dr Bahrani menyampaikan ada lima Puskesmas yang dibangun 2016 dan ada 2 unit telah diresmikan oleh Bupati terkait penggunaannya. Seperti Puskesmas Sangatta Selatan serta Puskesmas Telen, sementara sisanya berada di Kecamatan Long Mesangat, Kaubun dan Puskesmas Desa Tepian Baru Kecamatan Bengalon.

“Selanjutnya 2018 masih ada 6 Puskesmas yang diusulkan pembangunannya guna menganti Puskesmas lama. Seperti, Puskesmas Kecamatan Rantau Pulung, Kaliorang, Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Puskesmas Kecamatan Muara Wahau I,” jelas mantan Dirut RSUD Kudungga tersebut.

Bahrani menambahkan, ke depan diharapkan pembangunan Puskesmas bisa memenuhi standar dan terakreditasi, sehingga mutu serta pelayanan bisa ditingkatkan. Utamanya masalah keselamatan pasien yang dibarengi dengan pendistribusian tenaga kesehatan berkualitas agar dapat berjalan sesuai dengan rencana. Untuk diketahui Puskesmas Kecamatan Telen didukung tenaga 1 dokter umum, 19 bidan dengan 15 perawat ditambah penjaga Puskesmas.

(AJ/AJ)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA